Beranda > kehidupan, News, opini > Hukuman apa yang tepat bagi koruptor?

Hukuman apa yang tepat bagi koruptor?

Kita tahu bahwa belakangan ini sering sekali kasus korupsi telah berhasil di ungkap oleh KPK. ini hanya segelitir kejadian yg terbongkar. banyak lagi kasus kasus lain yg belum tersentuh oleh tangan KPK.  para korputor biasanya diberikan hukuman penjara, dicopot dari jabatannya. Uang hasil korupsi yang sudah betumpuk tumpuk tetap tersimpan dengan rapih. uang hasil korup telah dibagi-bagikan kepada keluarga, anak, istri, bibik, paman, tante, tetanga, selingkuhan dan wanita bayaran mereka.

seperti kata pepatah ” sepandai pandai tupai melompat sekali jatuh jua ”  Tupai kan tidak hanya sekali melompat dan jatuh. begitujuga dengan koruptor tidak hanya sekali melakukan tindak korup tapi sudah berkali kali dan akhirnya tercium juga gelagat mereka oleh KPK. nah yg belum ketahun kan rame.  Bagaimana seharusnya negara kita menangani dan memberikan hukuman kepada para koruptor?

banyak pihak menyatakan setuju mengganjar para koruptor dengan hukuman mati. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ketua DPR Agung Laksono, dan sejumlah elemen di Indonesia mendukung wacana itu. tapi ini kan tidak semudah itu. nyaris seluruh organ negara ini tidak bersih dari koruptor. Akibatnya, pemerintahan tidak bisa berjalan efektif. Banyak pejabat terlibat korupsi, mulai gubernur, bupati/wali kota, kepala dinas, dan sebagainya. Sistem peradilan menjadi berantakan, penyidik bisa disogok, bahkan di level legislasi pun sudah terserang virus korupsi ketika merancang sebuah produk hukum.

hukuman mati bukan lah hal yg mudah untuk dilaksanankan. karena beberapa faktor

  1. Hukuman mati bagi korupsi mungkin saja bisa menimbulkan persoalan baru lagi. Misalnya orang yang dianggap telah melakukan korupsi, kemudian dihukum mati. Belakangan ternyata terungkap fakta baru bahwa orang tersebut tidak korupsi. Tentu ini bakal meninggalkan duka mendalam bagi pihak keluarga, menimbulkan dendam, dan sebagainya.
  2.  Ada yang berangkapan Nyawa seseorang yang berhak mengambilnya adalah TUHAN. sehingga menyalahi aturan agama.

Dengan demikian, hukuman mati bagi para koruptor bukanlah pilihan yang tepat apalagi bijak. Pemerintah dan semua pihak terkait perlu mencari cara yang lebih kreatif dan efektif dalam upaya pemberantasan korupsi. Pembentukan KPK baru sebuah langkah awal yang cukup memberikan kejutan bagi para koruptor

Menurut anda  hukuman apa yg cocok bagi para koruptor?

About these ads
Kategori:kehidupan, News, opini
  1. mainanedukatif
    26/07/2008 pukul 4:14 pm

    tunggu,,kalo lagi ngomongin yang rada berat begini baiknya kita sambil minum teh ya,,emmm,supaya suasana agak cair gt,,kalo menurutku sih apa ya,,yang paling tepat adalah hukuman Allah adalah yang paling tepat, wujudnya berupa bencana dan penyakit yang tak kunjung sembuh. Sebetulnya kan sudah diperlihatkan. coba perhatikan diantara para koruptor pastilah dikasih cobaan penyakit, anak yang terjerat narkobal, keluarga amburadul, perceraian, diporotin selingkuhannya, itu semua adalah hukuman dari Allah,,sesungguhnya itu lebih menyakitkan dari apapun.

  2. 26/07/2008 pukul 4:29 pm

    @mainanedukatif
    hahaha minum teh ya, boleh. mau di teras rumah atau mana?

    jadi dengan hukuman seperti itu harta korup mereka kan habis juga ya.

    berati kesimpulannya koruptor bakalan kena azap ya?

  3. 26/07/2008 pukul 4:42 pm

    emmm,,,ada yang menarik nih,,tadi sudah minum teh,sekarang ganti minum coklat panas di teras rumah yang temaram sambil ngobrolin beginian,,
    menurutku KPK sudah merupakan langkah baik untuk membereskan para koruptor. Susah juga ya kalo koruptor kena hukuman mati, jangan dulu lah, itu nanti saja.memang jengkel sih kok enak-enak tidur di hawai pake uang rakyat. padahal yang di sini pada mati kelaparan. hukuman yang cocok buat para koruptor suruh gantiin jadi tukang becak selama 5 tahun dan buruh pabrik 5 tahun. biar ngerasain susahnya cari duit buat makan,,,
    kalo gitu kapok gak ya? hehe

  4. 26/07/2008 pukul 5:29 pm

    kalau ditujukan hukuman mati bagi koruptor ya lihat lihat juga khan hasil korupnya….

    sulit mas untuk memilih karena tingkat kejahatannya tidak kita ketahui untuk menentukan hukuman.

    tetapi kalau ada yang mempermainkan dana BLT dan dia korup terhadap BLT kalau ini perlu di hukum mati aja….uang orang miskin kok dikorup moga enggak ada ya kalau ada berarti ia termiskin di dunia……

  5. 26/07/2008 pukul 5:49 pm

    @syahrizalpulungan
    semoga tidak ada yg melakukan korup terhadap uang bantuan langsung rakyat miskin ini. sehingga orang miskin dapat merasakan pertolongan walu tidak lama.

  6. 26/07/2008 pukul 5:51 pm

    @ yellashakti

    hahah tukang becak 5 tahun. hehehhehehe
    ini baru hukuman yg kreatif
    btw tadi yella ada buatin coklat hangat juga ya
    mantap tuh dari gambarnya aja dah sangat menawan

  7. 26/07/2008 pukul 6:00 pm

    ndak jadi soal ko, yang penting bisa bikin sampeyan adem ayem,,bisa senyum-senyum terus,,hehe

  8. 26/07/2008 pukul 7:00 pm

    Menurutku. Benahi dulu aparat peradilan dn penegak hukum. Baru hukuman mati dilaksanakan. Mengapa hukuman mati sulit direalisasikan, karena para pembuat perundangan, hakim, penegak hukum dll ketakutan, jangan2 mereka sendiri yg terkena hukuman mati. Senjata makan tuan jadinya. Capek dee..h.
    Salam kenal juga…

    masalahnya adalah ketika hukum itu di sahkan
    semua aparat dan angota negara ini bisa habis mati semua

  9. 26/07/2008 pukul 7:15 pm

    Hukum gantung sih sepertinya lumayan tepat Pak. Ha…ha…ha.

    hahahhahahaha saya rasa juga begitu, tapi karena pro dan kontra harus di selesaikan terlebih dahulu baru koruptornya di ****

  10. 26/07/2008 pukul 9:10 pm

    salam kenal…
    hukuman mati!!
    sudah cukup sedih melihat kondisi bangsa yang dimana-mana penuh dengan koruptor.

    bukan apa-apa bang..
    perlu dilakukan revolusi dalam hukum..
    china udah terapkan hal ini..
    nyata gak masalah.. negaranya makin maju..

    para elit poltik selalu memanfatkan azas praduga tak bersalah
    bagi keluarga yang ditinggalkan jika pelakunya dihukum mati
    silahkan sadar… harta yang dikorupsi adalah bukan hak untuk satu orang.. tetapi hak berjuta orang yang adalah warga negara indonesia.. :)

    salam kenal juga buat mas goenz, kalo memang hukum mati yg pantas. ada baiknya kita siapkan para DPR, MPR, MA yg baru dan organ pemerintah lain karena bisa 80 % tuh entar mati semua.

  11. 27/07/2008 pukul 7:08 am

    hmm jadi ngeri kalo bayangin smua koruptor dihukum mati. tanah kuburan aja da smakin susah cari lahannya, mau ditaro di mana ya mreka? apa dikremasi aja? *halah ko jadi bayangin yang aneh2*

    tapi aku setuju tuh, disuruh jadi tukang becak 5 tahun aja. pasti nyadar tuh kalo cari duit tu ga gampang. hehehe

  12. 27/07/2008 pukul 8:44 am

    @evillya
    jadi tukang becak berdasi ya? mbak

    ada yg jadi tukang besak. selain tukan becak ada gak kira kira
    yg lain mungkin jadi tukang sol sepatu mungkin…

  13. 27/07/2008 pukul 11:28 am

    hakim dan jaksa makin berat menyelidiki, mencari bukti, menimbang dan memutuskannya, soalnya…. hmmm sangat banyak.

    sulitnya karena bukti dah di lenyapkan dan saksi dah di suap juga, hakimnya juga dah kebagian hahah jadi semua patut di …………. ya pak

  14. 27/07/2008 pukul 3:13 pm

    @singal
    sangking banyaknya rasa rasa tidak mungkin di hukum lagi ya pak
    heheheheh

  15. 28/07/2008 pukul 2:09 am

    daripada dihukum mending dilepas aja dengan catatan harus nyolong ayam tetangga, paling nantinya mati dikeroyok massa.

    hahhah itu tetap aja hukum manti. tapi caranya di kroyok . ini baru cerdas

  16. 28/07/2008 pukul 4:44 am

    kalo gw tetep setuju hukuman mati untuk koruptor dengan kriteria tertentu… alasan tentang “jika ternyata salah hukum” dan “nyawa di tangan tuhan” menurut gw hanya alasan yang kurang berdasar… namanya hukum, ya perangkatnya seharusnya siap menanggung segala resiko, termasuk resiko salah hukum di kemudian hari. Dan mengenai “nyawa di tangan tuhan”, wew…. terlalu dilebih2kan… bagi gw koruptor kakap dan pembunuh kejam sampe mutilasi, kan sama aja jahatnya…. dengan dihukum mati, maka bisa menimbulkan efek ketakutan bagi orang lain untuk mengikuti perbuatannya…. sementara buat si terdakwa sendiri, ya itulah hukuman yang harus dia terima… :)


    Siap kalo begitu siapkan saja lokasi pembataiannya. hehehhe

  17. 28/07/2008 pukul 7:53 am

    Sebenarnya, undang-undang yang mengatur hukuman mati bagi para koruptor sudah ada. Kalo gak salah tahun 1999 (aku dengar dari SSFM). tapi jika keadaan negara tersebut “kritis”. Tapi, emang bener seperti kata sampeyan. Rasanya sulit menerapkan hukuman mati untuk koruptor. Koruptor identik dengan mencuri harta rakyat. Dalam Agama Islam, mencuri dihukum dengan dipotong tangannya aja. Hikz.

    kalo gitu semua koruptor kita potong tangannya aja. jadi kan dia malu tuh kalo gak ada tangan berati koruptor. kan kalo gak ada tangan gak bisa kurup lagi. ide keren neh

  18. 28/07/2008 pukul 7:53 am

    gue pernah masuk ke pnegadilan,lembaga yang tadinya gue anggep satu2nya lembaga yang paling suci lah di antara lembaga2 korup lainnya, ternyata udah terangan2an nego pake duit ttg gmna ngambil kputusan hukum bwt ngadili. so nurut gue apapun hukumanya ga bakal bikin mereka jerah… karena mereka mikir cari duit dulu sebanyak2nya, buat foya2… sebagainnya ntar disisihkan buat temen2 pengadilan.

    gampang kan?

    atau yg melakukan korup di penjara seumur hidup. lalu harta semua keluarga mereka di sita. jadi kalo ada angota keluarganya yg duduk di kursi pemerintahan akan takut dan selalu memberi nasehat supaya tidak korup.

  19. 28/07/2008 pukul 8:12 am

    hukuman mati ajah.. biar dosanya g bertambah tyuz tar hukumannya bertambah di neraka deh :D


    cara hukumannya di bakar, atau di tembak, atau di kasih di makan buaya?

  20. 28/07/2008 pukul 9:05 am

    Bicara tentang hukum (transparansi), atau tentang ekonomi.. ntuh sama saja, selama masih ada oknum yang ngelakuin toh sulit untuk diberantas. Banyakan kan manipulasi.. ntar saya dikira manipulator dong.. :D

    haha tukang korup di sebut koruptor, nah manipulasi namanya manipulator ya, tapi kalo kalo tukang tangga di sebut eskalator. heheh

  21. 28/07/2008 pukul 9:30 am

    endonesa ini kebanyakan HAM nya… dikit-dikit HAM… dikit-dikit HAM… jadi kalo nanti bunuh orang, cukup membela diri aja, kan ada HAM… hihihihih…. buat saya sih penjara itu ga ngasi efek jera yang signifikan. terbukti banyak kok yang ga cukup 1x masuk penjara. mungkin dengan kerja sosial akan lebih bermanfaat, selain dia harus mengembalikan uang negara dalam keadaan utuh dan jangka waktu tertentu…

  22. 28/07/2008 pukul 3:32 pm

    hukuman yang membuat orang takut tuk korupsi :)

  23. 28/07/2008 pukul 5:31 pm

    wedew banyak yang koment
    cenyum-cenyum sendiri :D,,,

    saya senyum2 karena selalu ada yg sediakan teh hangat

  24. adiQ genfoxs
    13/08/2008 pukul 5:25 am

    hukum karma, karena d INDONESIA gk ada hukum yg bisa d percaya….
    jd selesai kan lah mereka ma yg ATAS…

    hukum karma, para koruptor sudah gak takut lagi.

  25. sabdo mulyo
    27/11/2008 pukul 7:23 am

    Untuk KORUPTOR, dia boleh senyum karena lepas dari jeratan hukuman DUNIA, tapi di zaman ABADI…silahkan KETAWA.

    Cuma aku punya USUL kepada KPK
    Jangan Ngurusin KORUPTOR LAIN, Fokuskan ke 3 (tiga) golongan penjahat :
    1. Hakim
    2. Jaksa
    3. Polisi
    dan apabila ketiga golongan tersebut ketahuan KORUPSI jangan segan harus dihukum MMMAAAATTTIIII.
    Kalau ketiga gerombolan tersebut BERSIH, para KORUPTOR pasti MATI

    Hai KPK semoga Alloh SWt menolongmu dan memberi kekuatan kepadamu. Amiiin

    ayo KPK dengarkan usulan ini.

  1. 26/07/2008 pukul 3:24 pm
  2. 29/07/2008 pukul 5:08 am
  3. 29/07/2008 pukul 1:14 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 56 pengikut lainnya.