Sistem Navigasi Mobil yang Semakin Berkembang

Di berbagai negara maju sistem navigasi mobil mengalami perkembangan pesat, khususnya di Jepang. Pasar sistem navigasi mobil Jepang mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2002 telah terjual 2,5 juta unit. Dewasa ini lebih dari separuh mobil baru yang dijual sudah dilengkapi dengan sistem navigasi. Sekarang ini sekitar 10 juta mobil yang berlalu-lalang di berbagai penjuru Jepang sudah berperlengkapan mutakhir demikian. Itu berarti satu dari tiga mobil yang ada sudah dipasangi sistem navigasi mobil. Apa yang dimaksud dengan sistem navigasi mobil ?

Sistem navigasi mobil pada dasarnya dimanfaatkan melalui layar monitor yang terpasang di dashboard mobil. Di layar pengemudi dapat melihat petunjuk arah jalan, jalur yang harus diambil, lokasi jalan, dll. Informasi tersebut dipancarkan melalui jaringan yang dihubungkan dengan server. Pada dasarnya fungsinya adalah menyediakan peta jalan bagi pengemudi, kemudian ditambah lagi dengan petunjuk-petunjuk praktis, misalnya jalur mana yang harus diambil, dsb. Juga ada peringatan bagi pengemudi yang menyetir mobilnya secara ugal-ugalan atau salah masuk jalur. Pada umumnya gambar-gambar petunjuk jalan berasal dari pancaran satelit IKONOS. Dari peta udara yang terlihat di layar, pengemudi bahkan dapat melihat rumahnya sendiri. Tentu itu cukup mengasyikkan juga!

Pada mulanya sistem ini dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan elektronik. Kemudian perusahaan-perusahaan produsen mobil sendiri juga mengembangkan sistem navigasi mobil mereka sendiri dan telah memasangimobil-mobil baru produk mereka dengan alat penerima informasi dari jaringan yang disediakan.

Kemampuan sistem ditingkatkan dengan telematics, yaitu apa yang dapat disebut sebagai komunikasi dalam kendaraan/mobil, yakni melengkapi mobil dengan kemampuan untuk berkomunikasi dengan dunia luar melalui wireless voice dan data service dengan teknologi GPS. Toyota dengan G-BOOK, Nissan dengan Carwings; Pioneer, produsen perangkat audio-video, mengeluarkan AirNavi. Dengan fasilitas tersebut, pengemudi a.l. dapat menghubungi pusat informasi produsen mobilnya untuk mendapatkan keterangan atau bantuan bila mengalami kesulitan di jalan serta berbagai kemudahan dan bantuan lainnya. Terminal nirkabel (tanpa kabel) di mobil dapat dihubungkan dengan server di pusat informasi mobil.

Produsen juga mengusahakan agar kemampuan sistem navigasi mobil yang mereka buat makin ditingkatkan nilai tambahnya, yaitu dengan DVD player agar penumpang mobil dapat menikmati film dengan kualitas bagus, atau mendengarkan musik dengan suara yang jernih, atau bahkan main video games. Media penyimpanan datanya kini kian beralih ke hard-disk hingga sebesar 20 GB sehingga dapat dikatakan bahwa sistem navigasi mobil tengah berubah menjadi car PC (komputer khusus terpasang di mobil).

Adanya sistem navigasi tersebut memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengemudi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s