Windows media player dan MP3 punya celah.

San Francisco – Peneliti keamanan komputer dari Symantec memperingatkan, aplikasi Windows Media Player dan Winamp punya celah keamanan sehingga rentan terhadap serangan. Seluruh sistem komputer bisa terpengaruh oleh serangan melalui kedua aplikasi tersebut.

Celah ini terdapat pada codec yang dipakai di versi tertentu dari Windows Media Player dan Winamp. Tepatnya, aplikasi Windows Media Player 6.4, Windows Media Player Classic dan Winamp 3.5 yang memakai codec 3ivx MP4.

Peneliti memperingatkan, aplikasi pemutar musik lain juga berisiko terkena serangan karena celah keamanan ini. Pasalnya, cukup banyak aplikasi lain yang memanfaatkan codec MP4 produksi 3ivx Technologies.

“Eksploitasi bekerja melalui file program jahat berbentuk MP4 pada komputer korban. Ketika korban mengklik link yang sepertinya aman namun berbahaya, eksploitasi komputer pun berjalan,” ungkap Raymond Ball dari Symantec seperti dikutip detikINET dari TheRegister, Selasa (11/12/2007).

Sementara belum ada tambalan untuk menutup kelemahan ini, pengguna disarankan untuk berhati-hati dalam mengakses link ke file lagu atau MP4 dari situs web maupun e-mail. Selain itu, agar benar-benar aman, Ball menyarankan langkah ekstrim menonaktifkan codec tersebut beserta aplikasi yang memanfaatkannya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s