Internet ‘Semaput’, Bisnis Semrawut

Kairo – Kerusakan kabel internet di laut Mediterania dilaporkan berdampak hebat pada aktivitas bisnis di sebagian wilayah Timur Tengah dan Asia. Hal ini karena kerusakan itu membuat kapasitas akses internet menjadi sangat minim untuk menunjang kegiatan bisnis setempat.

Di Mesir misalnya, pengguna internet diminta tidak melakukan pengunduhan online secara berlebihan. Hal ini dilakukan agar sistem internet cadangan dapat terjaga untuk membantu aktivitas bisnis yang mengandalkan internet, sampai kerusakan dapat diperbaiki. Diproyeksi, dibutuhkan waktu sampai dua minggu sebelum jaringan internet kembali normal.

Salah satu pelaku bisnis yang menderita kerugian di Mesir adalah Xceed, perusahaan call centre besar di negeri itu. Layanan mereka terganggu sampai 80 persen sehingga berdampak buruk terhadap pemasukan bisnis. Perusahaan ini menyediakan layanan untuk menjawab panggilan konsumen dari perusahaan-perusahaan besar. Hal semacam itu juga menimpa perusahaan-perusahaan di Kuwait sampai Bahrain.

Sementara, aktivitas bisnis di benua Asia pun tak luput dari gangguan. Di India, kegiatan bisnis yang menggantungkan diri dari internet terkena efek signifikan. Dibutuhkan waktu sampai dua minggu sebelum semuanya kembali normal.

“Perusahaan Teknologi Informasi (TI), perusahaan software dan perusahaan call centre yang menyediakan layanan untuk perusahaan Inggris dan Amerika, terkena dampak paling buruk,” ujar Rajesh Chharia, presiden Internet Service Provider Association of India, seperti dikutip detikINET dari AFP, Jumat (1/2/2008).

Sementara di Sri Lanka, menurut Sri Lanka Telecom, penyedia layanan internet terbesar negeri itu, kualitas layanan internet mengalami gangguan parah. Bangladesh dan Pakistan juga tak luput dari gangguan di mana layanan internet tak berfungsi normal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s