Jusuf kalla serang balik sindiran Mega

Wakil Presiden Jusuf Kalla tak terima pemerintahannya dikritik bak penari poco-poco oleh mantan Presiden Megawati Soekarnoputri. Menurut dia, prestasi pemerintahan SBY-JK jauh lebih baik bila dibandingkan prestasi pemerintahan Megawati.“Poco-poco itu kan sehat. Lagi pula, gerakannya kan bersatu. Langkah (dalam tarian poco-poco) itu yang paling ritmis,” ujar Kalla dalam keterangan pers rutin di Istana Wakil Presiden kemarin. Bila Mega menilai pemerintah menari poco-poco, Kalla menilai pemerintahan Mega ibarat tarian dansa yang hanya berputar-putar di tempat. “Saya kira poco-poco jauh lebih baik dari dansa-dansa yang berputar-putar, sambil jualan gas yang murah pula,” tukasnya.
Kalla rupanya menyindir Megawati yang pada akhir pemerintahannya menjalankan diplomasi dansa dengan Presiden Republik Rakyat China Jiang Zemin dalam kunjungannya ke Beijing pada 24 Maret 2002.
Ketika itu, Megawati juga sempat menyanyikan lagu Bengawan Solo di depan Presiden Jiang, yang lantas disambut dengan lantunan lagu Mandarin yang berjudul Bagaimana Saya Tak Kehilangan Dia.
Dansa dilakoni Mega untuk melobi Beijing agar membeli LNG dari lapangan Tangguh di Papua untuk industri di Guang Zhou dan Fujian. Diplomasi itu berhasil membuahkan kontrak penjualan 2,6 juta metrik ton LNG per tahun untuk Provinsi Fujian. Namun, harga jualnya hanya 2,4 dolar AS per MMBTU, jauh lebih murah dibandingkan harga pasar yang ketika itu mencapai 6 dolar AS per MMBTU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s