mencari rata rata dari urutan nilai yang di masukkan

 rata.jpg

program rata_rata;
uses wincrt;
type larik = array [1..10] of integer;
var n :integer;
    data:larik;
    baris:real;

procedure masuk_data( var A:larik; n:integer);
var i:integer;
begin
for i:= 1 to n do begin
write (‘Data ke -‘,i,’: ‘);readln(A[i]);
end;
end;

function rata ( x:larik; n:integer):real;
var i:integer;
    total:real;
    begin
      total:=0;
      for i:= 1 to n do total:= total + x[i];
      rata:=total/n;
end;

begin
write (‘ berapa data:’);readln(n);
masuk_data(data,n);
baris:=rata(data,n);
write(‘rata-rata dari’ ,n, ‘bilangan adalah:’,baris:6:2);
end.

Iklan

4 thoughts on “mencari rata rata dari urutan nilai yang di masukkan

  1. Dear Mas Satya,
    mas saya mau tanya
    kok program di atas tidak bisa di run yah??

    function rata ( x:larik; n:integer):real;
    for i:= 1 to n do total:= total + x[i];
    katanya “n” ilegal expression..
    terus kalo ada pesan turbo.tpl not found maksudnya apa??
    saya bisa minta installer yang lengkap gak yah??

    terima kasih..

    semua program yang ada di blog ini di buat di turbo pascal versi windows 1.5,( dan sudah run ) kalo anda pake trubo pascal versi dos ada beberapa yang hasus di hilangkan misalnya uses wincrt hanya menjadi uses crt. terimakasih

  2. trima kasih atas bantuannya..
    saya bisa mgerjakan tugas saya..
    klo misalnya program di atas pada saat salah satu inputan 0 pada saat itu juga
    akan otomatis langsung menghitung nilai rata-rata.
    caranya gimana yah?

  3. mas, saya mau nanya…

    gmn cara memanipulasi data integer dimana data tsb di input melalui keyboard, kemudian nilai biner dari data digeser ke kiri 3 digit
    lalu hasilnya di -OR kan dengan 10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s