kangen jojga, bahasa sex itu ?? apa

apa itu sex ala Jawa, pertama sekali kejojga pada tahun 2001. bahasa jawa adalah bahasa yang asik dan jarang sekali didengar. sehari hari hanya dengar logat batak; kan saya ini orang medan jadi bahasanya pake bahasa batak ya walau pake bahasa indonesia namanya indobatak, pake apak kauuu… intonasi yang tinggi di akhir kalimat. kota jojga memang kota yang indah nan nyaman pokoknya adem lah untuk kuliah. sampai sekarang kota itu menjadi kota impian mungkin setelah tua nanti pun saya akan kembali ke jojga tapi tidak sekarang ini. kost kostan di sana bisanya satu tempat tinggal dengan induk semang ( ibu kost yang ramah dan penuh dengan tatakrama).

mulai dari tata cara berbicara dan jalan yang lembut membuat hati adem ayem..wehh enak banget tinggal di jojga.. makanan yang murah gak punya uang satu bulan saja masih bisa hidup enak; bayar makan akhir bulan lauk pauk bisa milih milih, habis makan tinggal bilang..bukkkk catat dulu ya….pasti yang punya warung bilang ngee mass…nuhun nge…, tapi ada kata  waktu itu saya sangka adalah kata yang seharusnya tidak pantas untuk di ucapkan. karena kamar saya bersebelahan dengan ruang tamu ibu kost, sewaktu bapak kost dan ibu kost lagi berbicang entar omongin apa pake bahasa jawa tiba tiba terdengar kata bukkkk wess durung… sex tohh pakkkk sabar..; saya pikir loh kok siang siang pake sex sex an apa gak sabar sampai nanti malam pada anak anak kost lagi ngupul semua di kost . saya diam dan lanjutkan untuk mendengarkan, buk wessss, ya pak sini cepatan . makin penasaran apa yang sebenarnya sedang terjadi. jadi saya lanjutkan untuk ..mengamati apa yang akan terjadi..ternyata sex itu hanya kata lain dari sabar..atau tunggu sebentar, kosek too mas (‘ sabar dulu mas”) bukan sex dalam arti memainkan alat tubuh tertentu demi mencapai kenikmatan. jadi penggunaan ini bukan  hal yang tabu.  setiap daerah mempunyai bahasa yang aneh dan memiliki arti yang berbeda dengan daerah lainnya. mungkin arti karo dalam bahasa batak karo adalah orang karo namun di padang karo itu artinya monyet. salah kata bisa bisa hilang nyawa, maka dalam bertutur bahasa harus tetap diperhatikan lokasi” dimana bumi di pijak disitu langit di junjung” namun kota jojga adalah selalu kota yang indah dengan tutur bahasa yang enak di dengar meresap dihati, oh jojga aku akan kembali tunggu aku– aku kangen jojga

Iklan

3 thoughts on “kangen jojga, bahasa sex itu ?? apa

  1. sampeyan itu lucu sekali ya Pak. Jangankan bapak yang asli medan. saya aja yang orang jawa klo pergi ke daerah lain istilah dan logatnya juga beda. Bahasa jawa banyak jenisnya. Makanya bule banyak yang belajar sastra jawa di yogya.
    saya ada cerita
    suatu hari seorang bule Belanda naek angkot di Semarang. Si bulek memilih tempat duduk agak ke dalam. Penumpang laki-laki yang duduk dekat pintu bilang sama temennya
    ” Eh ono kethek munggah” —->eh ada monyet naik, monyet itu maksudnya bule tadi
    tak berapa lama si bule bilang kiri,
    ” kiri mas”. ” nuwun sewu mas kethek ipun badhe lewat” —–>permisi mas, monyetnya mau lewat
    dua laki-laki tadi malu nya minta ampun. Makanya jangan asal ngomong sama bule. hehehe
    harusnya kita malu. banyak bangsa lain yang belajar kebudayaan indonesia terutama jawa, bahkan ada yang sudah lancar bahasa jawa halus karena udah tinggal di Indonesia 30 tahun menikah dengan penduduk solo. LAh kita sendiri aja gak tau kekayaan budaya kita. Tapi klo ada yang mencuri dan dipatenkan, kita lantas marah-marah gakkaruan. Menuduh orang lain sebagai pencuri. Kita sendiri gak menjaga kelestarian budaya. Jangankan menjaga, tau aja gak????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s