lowongan kerja di batam bagaimana?

serba serba serbii para pencari kerja di batam, batam sampai saat ini merupaka salah satu primadona para invesor asing, dari tahun ke tahun Batam menjadi kota yang lebih cepat petumbuhannya dibanding kota lain mana pun di indonesia, presiden, mentri, wakil presiden bahkan sering melakukan kunjungan ke kota ini, ada peresmian ini itu banyak sekali. tapi apakah semakin banyaknya perusahan yang menanamkan modalnya dibatam untuk mencari pekerjaan semakin mudah. saya sering mendengar komentar seperti ini

Susah sekarang cari kerja dibatam. gak seperti dulu tahun 1992 perusahan yang mencari pekerja, lewat jalan depan PT saja di tanya ” dek mau cari kerja ya, kerja disini aja begitu kata yang jaga PT” , harga sekarang apa apa mahal padahal saya baru habis kontrak- sukur kalo diperpanjang lagi. Pusing juga mass kalo gini mending pulang kamung saja.

memang betul kehidupan batam telah berubah; secara sosial ekonomi, lingkungan masyarakat yang beragam, dari berbagai bagian kepulauan indonesia telah datang ke pulau batam untuk mecari pekerjaan. Ada yang masih berpikir kondisinya sama dengan cerita cerita tahun tahun sebelumnya. Pengangguran yang tidak dapat diprediksi karena ada PT yang gulung tikar , pendatang baru yang masih ingin mencari kerja; sehingga jenis penganguran juga beragam

 type penganguran

  1. penganguran intelektual terlatih ( tempat kerja gulung tikar )
  2. penganguran tidak terlatih
  3. penganguran intelektual tidak terlatih
  4. penganguran tidak terlatih dan tidak memiliki pendidikan dasar

ada yang sudah bekerja tapi hak haknya tidak diperhatikan :

  1. ijazah yang di tahan oleh penyalur
  2. Tidak ada jamsostek
  3. kontrak PT yang tidak jelas
  4. gaji kadang tidak dibayar (nungak tiga bulan mau makan apa?)
  5. pekerja yang terus menerus di kontrak tampa ada jaminan permanen

ada kasus lowongan palsu: seperti di bawah ini

    dibutuhkan 100 operator, tapi setelah para pencari kerja mendatangi  tempat yang dimaksud dalam iklan lowongan malah diminta uang pendaftaran sekian puluh ribu, dan tingalkan lamaran lalu di suruh nuggu pangilan satu bulan lagi. kalo tidak di pangil berarti tidak lulus seleksi lamaran.

    kalo kasusnya seperti ini kan kasihan yang mencari kerjaan dan yang sudah bekerja, tujuan untuk mencari kerja malah dipermainkan sudah bekerja juga di permainkan. sudah begitu pihak berwajib juga tutup mata akan hal ini. benar benar mengerikan; dari maka itu bagi semua rekan rekan yang hendak mencari pekerjaan dan belum memiliki skill atau pengalaman lebih baik untuk mengikuti keterampilan tertentu dan cari penyalur yang telah jelas sistem hukumnya, dan cari wadah yang berurusan dengan kepentingan buruh atau karyawan jangan kwatir laporkan jika ada yang tidak sesuai kententuan hukum ketenagakerjaan.

    6 thoughts on “lowongan kerja di batam bagaimana?

    1. ini terjadi juga di Jakarta. Kemarin sempat masuk berita di salah satu televisi swasta. Para pencari kerja ditipu dengan iming-iming gaji besar. Banyak yang tertipu. Sebaiknya memang melamar pekerjaan yang perusahaannya sudah jelas. Tampaknya memang ada profesi baru Pak, menjaring orang-orang yang belum dapat pekerjaan. Mereka sengaja melakukan ini karena orang-orang tersebut belum berpengalaman. Dengan modal sewa ruko atau kantor terus ditata seperti kantor, pasang iklan di koran. Para pencari kerja pasti akan datang sendiri. Klo udah menutupi biaya sewa kantor dan laba sudah di tangan. Kantor ini tiba-tiba akan menghilang tanpa bekas, pindah mencari lokasi lain. Harap berhati-hati untuk teman-teman yang sedang melamar pekerjaan. Jika sedang melamar ada tanda-tanda pungutan biaya formulir segera tolak pungutan liar tersebut. Beri alasan gak punya uang dan akan kembali keesokan harinya. Padahal gak akan kembali selamanya.
      Salam sukses

    2. pulau batam tidak seperti dulu lagi. investor dari singapore banyak yang angkat kaki dari sana. kebanyakan pekerja2 dari indonesia, lebih memilih singapore di banding pulau batam sebagai tujuan dalam mencari kerja.

    3. ya ada yang keluar ada yang datang, itu wajar saja
      namun tetap ada investor yang selalu berniat untuk menanam modal di pulau batam. semoga bisa terus dan semakin banyak peminat yang mengembangkan usaha di batam. tentunya didukung oleh infrastruktur dan pasilitas dari batam sendiri

    4. Para pencari kerja di Batam atau pun kota lainnya, selalu mengalami hal yang sama, setelah bersusah payah mencari kerja, hingga mendapatkan kerja yang (diharapkan) layak,
      mereka dihadapkan oleh beberapa permasalahan lagi.

      Syukur-syukur apabila mendapatkan kerja, tanpa campur tangan perusahaan penyalur ( kemungkinannya sangat kecil)
      apabila mendapatkan pekerjaan melalui perusahaan penyalur,
      maka akan (yang sering terjadi) mengalami beberapa permasalahan, seperti :

      1. Kontrak kerja yang tidak kunjung keluar (tidak bisa berbuat banyak, karena hidup harus terus berjalan)
      2. Tidak adanya (ada beberapa yang melengkapi) jaminan kesehatan dan jaminan tenaga kerja.
      3. Potongan yang dilakukan oleh perusahaan penyalur, ada yang mencapai 20 %.
      4. Intimidasi yang didapat, ketika mereka menanyakan hak-hak yang seharusnya mereka peroleh.

      Tetapi saya berharap, bahwa apa yang saya tulis ini, hanya saya dan beberapa teman saja yang mengalaminya. Semoga tulisan saya ini salah, dan kondisi yang saya gambarkan tidak sesuai dengan apa yang terjadi di Batam ini.

      batam memang semakin sulit, lama lama batam juga akan menjadi kejam seperti ibu kota jakarta

    5. Siapa sih investor terbesar di Batam itu ? perusahaan2 Singapur. kenapa banyak perusahaan Singapur di Batam ? nyari low labor cost surely…
      So dengan tingginya cost of living di Batam, kerja di Batam itu sebenernya juga gak prospektif sama sekali. Karena kebanyakan investor ke Batam objective nya cuman nyari buruh (dalam artian luas) murah, jadi gaji akan ditekan serendah-rendahnya biar bisnis nya tetep kompetitif dan profit nya terjaga.
      So dengan kondisi kayak gini, Batam itu sebenernya emang cuman cocok buat fresh graduate yg lagi nyari pengalaman kerja aja, atau buat mereka yg kalah bersaing memperebutkan tempat di perusahaan2 top di kota2 besar di pulau Jawa…
      Buat para top ten in the class of the reputable universities, just forget Batam !…. hehehehe

      buat yang masuk di perusahan sedang emang gajinya kecil. tapi untuk perusahan kelas dunia. gajinya juga gede. hanya harus bersaing ketat. untuk pulau jawa juga sama. bahkan di seluruh indo juga karena standar gaji kita memang rendah.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s