Virus -bagian 1

1.1 Gangguan pada komputer

1.1.1 Virus

Susunan code yang bertujuan untuk mengerjakan satu perintah sesuai dengan tujuan penulis dengan menggunakan bahasa program tertentu, biasanya virus diciptakan untuk tujuan mengubah, menghapus, menyimpan, mengalihkan kerja cpu, menonaktifkan system, atau program yang ada.

1.1.2 Worm

Suatu program yang didesain menyerupai virus dan mampu menduplikasi diri sendiri dari satu PC ke PC yang lain, dimana worm tersebut sedemikian automatisnya sehingga mampu mengambil alih kontrol pada feature2 yang ada didalam PC dengan cara bergerak dalam file atau informasi. Sekali terdapat worm di didalam sistem kita, dia akan menjelajah sendiri. Bahaya terbesarnya adalah kemampuannya untuk menduplikasikan diri dalam volume yang besar. Sebagai contoh worm dapat mengirimkan copy dari diri sendiri kepada masing-masing orang yang terdapat dalam email address book kita, dan PC mereka akan melakukan hal yang sama. Penyebab dari itu semua berujung pada traffic network yang berat yang mengakibatkan network bisnis dan internet menurun secara keseluruhan

1.1.3 Trojan

Suatu PC program yang kelihatannya seperti software biasa namun disatu sisi program tersebut dapat melumpuhkan security dalam suatu program yang lain sehingga menyebabkan kerugian bahkan kerusakan yang besar. Biasanya trojan disebut pula Spy Ware. Trojan biasanya terdapat didalam email dalam bentuk attachment yang mengklaim diri sebagai security update tapi berubah menjadi virus yang dapat merusak program. Trojan menyebar pada saat kita membuka suatu program karena biasanya program tersebut berasal dari sumber terpercaya. Trojan juga terdapat didalam software yang biasa kita download secara free.

Betikut ini gambar untuk menjelaskan tingkat perkembangan bahasa dan tujan dari pembuatan virus atau trojan.

jenisvir.jpg

Gambar 1.1. Tingkat Pemanfaatan code dan tujuan pembuatan Virus,Worm atau Trojan

1.2 Darimana Virus Masuk Kedalam System Operasi Komputer anda?

Setiap pengguna Komputer semakin disulitkan oleh kehadiran virus dari tahun ketahun kecanggihannya terus meningkat cara kerja dan sistem penyusupan tidak hanya melalui Floppy disk, flashdisk, atau jaringan lokal dalam kantor namun juga melalui jaringan internet. Kecanggihan virus memang berbeda dan effeknya juga berbeda namun yang membuat pengguna menjadi pusing adalah cara penyebaran memanfaatkan seluruh pintu masuk kedalam komputer artinya tidak ada pintu yang tertutup bagi virus, istilah lain adalah virus adalah tamu yang tidak diundang namun dia dapat masuk kedalam system anda sesuka hati. Perusahaan antivirus meng-update dan menyiapkan antivirus setelah mereka mendeteksi adanya virus virus baru yang bersekeliaran melalui internet. Penyebaran virus diseputar dunia 80 % terjadi melalui internet dan lebih banyak menggunakan metode pengiriman e-mail, dengan subject yang menarik untuk dibuka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s