Hanya susu lokal yang dinyatakan Mengandung Bakteri Enterobacter sakazakii

Hanya susu lokal yang dinyatakan mengandung Bakteri Enterobacter sakazakii, berati masih ada alternatif lain yaitu dengan menggunakan susu produk impor walau harganya sedikit mahal namun demi buah hati itu bukan satu halangan. tapi sangat janggal sekali kenapa penelitiannya hanya kepada produk local saja apakah susu produk impor dinyatakan bebas dari Bakteri Enterobacter sakazakii? semoga ya. ada beberapa hal yang harus kita tanyakan dan selidiki yaitu:

  1. kenapa hanya diteliti produk local?
  2. kenapa nama susu terserang bakteri Enterobacter sakazakii itu tidak disebutkan?
  3. apakah produk import juga bebas bakteri?
  4. kenapa badan POM dan bagian kesehatan memiliki perbedaan pendapat dalam hal ini?
  5. apa dampaknya terhadap penjual yang sudah menumpuk atau membeli susu dalam jumlah banyak?
  6. siapa yang akan bertanggung jawab terhadap kecolongan ini jika ternyata susu tertentu yang telah di komsumsi lebih dari tiga tahun oleh anak kita?
  7. apaklah hanya jenis susu formula yang mengandung bakteri bakteri sedemikian membahayakan? atau makanan bayi yang lain juga.

sangat beragam pertanyaan yang muncul dalam benak kita masing masing, ada yang melihat dari segi persaingan ekonomi, ada yang berpendapat dari segi politik. tentu semua ini mempuyai dampak baik ekonomi maupun politik. tapi dampak yang paling besar adalah terhadap anak anak yang ternyata selama ini telah menggunakan susu berbakteri Enterobacter sakazakii, dan ini membut para ibu menjadi berang marah dan sangat kecewa karena buah hati yang paling mereka cintai telah di racuni. sungguh menyedihkan jikalau dalam hal ini masing masing pihak( IPB, POM, DPKES )  saling menuding dan mencari pembenaran diri bukanya segera bertindak, saya secara pribadi sebelum kasusus ini juga sangat menyesalkan cara kerja POM.

tulisa terbaru jawaban yang di tunggu ( 04/03/08) : https://satyasembiring.wordpress.com/2008/03/03/peryataan-jubir-ipb-terkait-masalah-susu-formula-yang-tercemar-bakteri-enterobacter-sakazakii/

39 thoughts on “Hanya susu lokal yang dinyatakan Mengandung Bakteri Enterobacter sakazakii

  1. 1.
    kenapa hanya diteliti produk local?
    Setahu saya product impor pernah diteliti juga oleh pihak IPB dan hasilnya negatif

    saya secara pribadi tidak mengetahui apakah IPB telah melakukan penelitian terhadap product import, tapi dari berita yang saya dapat berdasarkan tanggapan mentri kesehatan bahwa IPB tidak melakukan penelitian terhadap product import- terimakasih sudah berkungjung dan memberikan tanggapan

  2. jujur saja ya …saya sempat syok mengetahui berita ini …..
    krn saya lang sung FLASH BACK ke PUteri saya yg no 2 ….
    pd saat usia 6 bl dlm jangka 2 bl 4X puteri saya masuk RS opname krn diare,
    diarenya yg luar biasa hanya air saja kaya urine sperti tp baunya minta ampun , saat pertama opname km belum mengganti Susu Formulanya , setelah keluar dr RS hanya bertan kurleb 5 hr di rumah diare lg , opname lagi sampe yg ke 4 X nya kejadiannya sm seperti itu setiap saya ekmbalikan ke SUSU formula yg saya berikan tsb….sampai saat ini saya masih menggunakan susu LLM
    dan dr pihak Dokter SPAnya menyatakan tdkada alergi apa2 dgn puteri saya …sehingga kita liat kl susunya diganti ybs tdk mencret yg gunakan itu susu itu saja….
    apa SUSU FORMULA YG SAYA BERIKAN KE PUTERI SAYA ITU MENGANDUNG BAKTERI TSB ….???????

    wah wah para prudesen sekarng ini tdk bisa mengikuti standart mutu
    atau standar mutu itu BISA DI BELI DGN UANG dan dr BP POM knp tdk ada tindakan tegas….INGAT ANAK2 ADALAH MASA DEPAN BANGSA …BANGSA YG KUAT ADALAH BANGSA YG SEHAT…
    ATO JG BPPOM TAKUT YA …DGN PRODUSEN2 SUSU…???!!!!!????!!!!!
    AYO CEPAT UMUMKAN DAFTARNYA …..!!!!!!!!
    UTK PRODUSEN SUSU DAN PARA KARYAWANNYA INGAT INGAT KALIAN JG MEMPUNYAI ANAK LOH ….!!!!!

  3. kami juga sangat kawatir. karena usia putra saya yang masih berumur 6 bulan juga lagi mengkonsumsi susu. kemarin sempat bingung apa ganti susu kedelai aja ya. tapi ternyata susu kedelai harganya sangat mahal. susu imporpun juga mahal. akhir sekarang pasrah Alloh saja dan takcoba sambil diminumin klorofil produk k-link yang menetraklisir racun.terus kalau bisa nanti maemnya yang alami2 saja tidak instan.

  4. saya benar2 sangat cemas dengan pemberitaan ini,saya ga bisa membayangkan klo bakteri itu benar2 ada dalam susu formula yg biasa diminum anak saya yg masih 7 bln.berarti selama ini dia minum racun???? saya hidup dinegeri ini apa2 saya beli dengan uang saya sendiri, hasil keringat saya tapi apa ada perlindungan terhadap saya? saya membeli dengan uang untuk mendapatkan manfaat dan sesuatu yg setimpal dari apa yg telah saya keluarkan bukane beli racun.klo ada apa2 dengan anak saya siapa yg harus bertanggungjawab???apa produsen susu tersebut????pemerintah??yg dalam hal ini mempercayakan uji kelayakan makanan pd BPOM.Saya ga dapat makan gratis dari pemerintah tu,bahkan uang saya dan kita2 rakyat kecil sudah dikorupsi oleh para koruptor,saya cuma ingin ketegasan,keterbukaan dari semua pihak.Jangan permainkan lagi kami rakyat keciL.

    HEEE PARA PRODUSEN, KLO JADI PRODUSEN YA JADILAH PRODUSEN YG BAIK,INGAT KAMI ITU MENGUNTUNGKAN KALIAN JUGA.SETIDAKNYA KITA HARUS MENERAPKAN SIMBIOSIS MUTUALISME LAH,JANGAN CARI KEUNTUNGAN SAJA,KALIAN TAU DOSA GA?????
    KLO SEPERTI ITU KALIAN SAMA AJA MEMBUNUH JUTAAN ORANG

    BAGI PARA PENELITI JUGA KLO MEMANG TAU KEADAAN YG SESUNGGUHNYA YA KATAKANLAH,KALIAN BERDALIH KALIAN GA PUNYA HAK MENGATAKAN ,LANTAS KLO JUTAAN BALITA INDONESIA MATI APA KALIAN JUGA TETAP DIAM SAJA??? APA KALIAN INGIN CUMA ANAK2 KALIAN AJA YG TETAP HIDUP??
    KLO KALIAN MEMANG MENEMUKAN BAKTERI DALAM SUSU2 TERSEBUT ITU AKAN JADI SEBUAH ILMU PENGETAHUAN MAKANYA KALIAN GA MENGATAKAN SECARA LENGKAP APALAGI INI MENYANGKUT BANYAK PIHAK,TAPI APAKAN LEBIH PENTING ILMU PENGETAHUAN DARI PADA NYAWA ANAK2 YG GA BERDOSA…!!!!!!!!????????

  5. saya juga punya balita umur 4 tahun. saya memberi dancow 3+, apakah dancow termasuk susu import? amankah? tolong instansi yang bersangkutan segera mempublikasikan merk apa saja yang terkontaminasi? jangan main2 dong, anak anak adalah masa depan bangsa.

  6. Dulu saya sempet bingung gara2 anak saya yg sekarang berumut 9 bulan tidak mau minum susu formula sejak dia kenal ASI, rasanya repot sekali rasanya kalu mau ditinggal Ibunya.

    Tapi sekarang saya malah bersyukur sampai sekarang anak saya tidak mau minum susu formula.

    Anak dari sepupu saya yg berumur 10 bulan, bulan yang lalu meninggal dunia di RS karena diare, dia hanya minum susu formula dan makan bubur bayi instan (semuanya import) sejak usia 5 bulan

  7. Aduh…kenapa sich harus ada hal seperti ini??kalo bayi baru lahir aja udah di racuni,trus mau bagaimana nasib bangsa Indonesia kelak??mohon BPOM lebih teliti biar konsumen lebih terlindungi dan tidak ada lagi hal2 seperti ini lagi,bagaimana kalo BPOM ada ditiap2 daerah atau kabupaten untuk meminimalisir hal seperti ini…..dan kepada setiap warga Indonesia harus lebih waspada!!!tolong produsen jangan hanya memikirkan keuntungan semata,coba pikir bagaimana kalo susu tervsebut terminum anan anda yang baru lahir???ingat Karma itu ada..
    PEMERINTAH TOLONG SEGERA TANGGAP DENGAN KEJADIAN INI.KESEHATAN RAKYAT LEBIH PENTING DARI SEGALANYA!!!

  8. Misteri Nama-Nama Susu Dan Makanan Bayi Yang Tercemar Bakteri Enterobacter Sakazakii

    Nama-nama susu dan makanan bayi yang tercemar bakteri enterobacter sakazakii itu hingga saat ini masih misteri. Sri Estuningsih, peneliti IPB yang menemukan 22 persen susu formula (dari 22 sampel) dan 40 persen makanan bayi (dari 15 sampel) tercemar ba…

  9. ipb ngomong dong,……. segera publikasikan nama produknya.. jangan hany bisa lempar isu trus diam seribu bahasa semantara masyarakat sudah kebingungan….
    ngomong lebih baik untuk semua.

  10. anak gue dari lahir udah ga mau minum ASI.. sebelum umur 1 tahun merk susunya ganti2, udah setahun ini dia minum produk dari Frisian Flag 123.. ada yang tau ga tuh susu produk lokal atau import? untuk sementara cara mencegah bakteri masuk ketubuh anak kita para ibu bisa bikin susu buat sikecil dengan air panas 70derajat celcius karena suhu setinggi itu sudah bisa membunuh bakterinya, kemudian biarkan hingga 40derajat setelah itu berikan pada si kecil..

    terimakasih atas informasinya, pasti anda adalah ibu yang peduli akan anak, dan terhadap ibu yang lain juga.

  11. DR Sri Estuningsih peneliti penemu bakteri Enterobacter sakazakii akhirnya buka mulut & mengatakan susu yg terkontaminasi adalah bebelac, dancow, bendera, s26 dan susu SGM2. Untuk bubur DR Sri hanya berujar product SUN. (sms ini dr salah satu orang tua yg anaknya sekolah di highscope)

  12. Seharusnya dibuka saja mana saja yg terjangkit bakteri & mulai produksi 2007 – 2008 dicek juga sehingga produk mana saja yg masih terjangkit dan dipublikasikan supaya orang tdk membelinya, produsen harus menarik kembali produknya dari pasar & dimusnahkan (harus di hadapan khalayak umum).
    Mana lbh penting bagi pemerintah, NASIB ANAK2 PENERUS BANGSA atau PERUSAHAAN SUSU YANG MERUSAK ANAK2 PENERUS BANGSA???
    Tolong siapapun yang memiliki data merk susu agar dapat diemail ke saya (teguhchens@bdg.centrin.net.id) karena saya juga memiliki anak bayi usia 3 bulan serta ponakan yg masih 1 bulan.
    Terima kasih.

    sampai saat ini tidak ada penjelasan resmi tentang merek susu tersebut, BOM menjelaskan bahwa mereka telah menarik produk itu lama dari pasaran soal merek mereka tidak menyebutkan mungkin ada peraturan khusus

  13. SUSU2 YG D NYATAKAN MENGANDUNG BAKTERI YG SAYA TAU SALAH SATUNYA;BEBELAC,S-26,NUTRILON,MAKANAN MERK SUN ,

  14. MORINAGA ,BMT,PRODUKNUTRICIA.TGLG INI D PUBLIKASIKAN KARNA AKAN SANGAT MEMBANTU.KAN KASIAN ANAK KECIL TIDAK TAU APAAN KITA SAKITI.KARNA ORANG TUANYA TIDAK TAU PRODUK APA SAJA YG MENGANDUNG BAKTERI ENTEROBACTER SAKAAZAKII

  15. pemerintah tambah gawat rakyatnya sendiri bukanya dilindungi tapi malah ditindassssssssssss hanya demi uang emangnya ntar kalau kalian di alam baka pake uang sadar dong jangan enak sendiri aja!!!!!!!!

  16. negara sudah tidak berfungsi lagi,seharusnya negara menjamin, melindungi, terhadap anak-anak indonesia, karena anak-anak merupakan aset bangsa, kalau anak-anak bagsa ini tidak sehat bagaimana negara akan sehat ( tolong kepada pemerintah buka lagi tuh undang-undang perlindungan anak ( HAM ) biasaaaaaaa….. di indonesia semuanya bis……..a asalkan pakai uang. ga masalah rakyat yang jadi korban.yang penting penghasilan saya bertambah.

  17. wah apaan ini, rakyat selalu merasa cemas. makanan banyak yg berbahaya, perlindungan hukum masih dipertanyakan. hanya publikasi merk susu bayi yang berbahayapun masih tawar menawar dari 2008.

  18. anak saya lahir dengan kelainan “atresia ileum” di operasi pertama di rumah sakit sarjito jogja pada usia 12 hari. setelah itu mengkonsumsi asi dan susu dari rumah sakit ( SGM ) karena kami tidak diperkenankan mengunakan susu produk lain. infeksi di sekitar kolostomi setiap hari semakin tinggi, hingga 2 bulan. kemudian kami pindah rumah sakit dan menggunakan susu produk lain. infeksi menurun banyak bahkan berat badan naik dari 1,4 sampai 2,3. setelah itu oprasi yang kedua ( menutup kolostomi ). apakah infeksi itu juga karena bakteri sakazaki tersebut ?

  19. Anak saya sudah minum sgm sekitar 17 bulan dan relatif sering kena infeksi. apakah hal tersebut salah satunya disebabkan adanya kontaminasi bakteri patogen dalam susu tersebut??? produsen, pemerintah, dan peneliti benar-benar tidak mempunyai etika!!! sepertinya mereka perlu diberi pendidikan etika dengan memberikan sanksi hukum dan norma.selain itu, jg perlu dilakukan audit eksternal mengenai hasil riset IPB tersebut, karena penelitian yang mestinya objektif dan independen, namun seringkali dibelokkan untuk kepentingan-kepentingan tertentu…

  20. tolong dong,,BPOM anak saya juga mengkonsumsi Bebelac sama Morinaga,,kalo emang benar bebelac tercemar bakteri itu,,aduh ampun aku ngak kebayang masa selama ini aku ngasih susu sama anakkku yangg mengandung bakteri ,,,tolong dong BPOM

  21. IPB,MENKES,BPOM SEBUTKAN NAMA-NAMA PRODUK SUSU YG TERCEMAR!!!!!ATAU MAU DISUMPAHIN LOE DAN KETURUNAN LOE BISU!!!!

  22. sebetulnya pihak BPOM APARAT UDAH MENDENGARNYA

    CUMA MEREKA DI JEJELI PULUS . JD BUNGKAM SEMUA

    YA . . JD JELAS YG BERKUASA BUKAN SBY.
    TP PULUSLAH

    HEHE

  23. sebetulnya pihak.

    BPOM APARAT UDAH MENDENGARNYA

    CUMA MEREKA DI JEJELI PULUS . JD BUNGKAM SEMUA

    YA . . JD JELAS YG BERKUASA BUKAN SBY.
    TP PULUSLAH

    HEHE

  24. saya mohon dari seorang ibu….pemerintah lebih berfikir lg untuk menangani masalah ini yg sangat membahayakan nyawa anak2 yg tidak berdosa..paling tidak kasih tau produk apa z yg terkena bakteri jd,kita tau yg terbaik buat anak2 kita,,mereka titipan tuhan,,ksihan mereka!! tolonggg…

  25. risetnya membingungkan… tidak relieble, modus persaingan tidak sehat diantara produsen susu,…. kaya risetnya pemilu tergantung siapa yang bayar…jgn mimpi indonesia punya peneliti kaya luar negri independensinya..

  26. BUAT YBS : CHILMIL, CHILKID, MASUK KATEGORI SUSU YANG MENGANDUNG BAKTERI APA NGGA…? KLO PROFESIONAL PASTI DIJAWAB…

  27. Bayiq skrng 6 bln, dr lahir dah pake sufor..nutrilon royal, umur 2 bln dia d nyatakan alergi susu sapi dan skrng pake nutrilon HA..apa merk tsb y terkna bakteri,,,tolong dong pemerintah by2 y lahr saat n adalah penerus bangsa, tp kok dah d racun dr br lahir seh, tolong umum kan dong…resikonya y punya salah mah pasti bangkrut tuh produsen susu racun

  28. anakqu minum sgm dari umur 6bln skr dah 6th alhamdullah badan sehat pintar dan jarang sakit dibdngkan yg minum susu impor jg ndak kalah cerdas… yg minum susu impor (morinaga)malh serg sakit2. apa kalo produk lokal dan murah pasti mutunya jelek?????????????? apa kalau mahal lebih baek//////////// ndak slalu. mahal karn biaya mahal ntuk sampai disini..ini hanya ntuk ngrusak ekonomi kt aja.

Tinggalkan Balasan

