Lembar Jawaban Komputer (LJK) untuk latihan ujian SMP/MTs, SMA/MA dan SMK 2008

Dalam rangka menghadapi ujian nasional tahun ini dibutuhkan juga latihan untuk mengisi LJK ( lembar jawaban komputer ) karena tidak ada gunanya jawaban anda benar namun pada pengisian LJK salah, karena komputer tidak mengenali jawaban, kesalahan scan. untuk itu diperlukan latihan untuk mengisi. silahkan download dan print contoh berikut:

klik kanan gambar lalu pilih -save target as

ljk030.jpg     ljk037.jpg     ljk038.jpg

97 thoughts on “Lembar Jawaban Komputer (LJK) untuk latihan ujian SMP/MTs, SMA/MA dan SMK 2008

    • saya adalah andi hasan saya kelas 6 sd
      saya lgi ulangan tengahan
      saya sekolah di sd bukit duri 09 pgi tanjakan
      saya di aja dengan pak tom pak tom itu galak banget
      saya lagi ulangan tengahan semesteran 1
      ……

  1. saya sangat terbantu dgn adanya ljk di situs ini. saya guru sd, dan murid2mau latihan cara mengisi ljk,terima kasih banyak pd pembuat situs ini

  2. Ko LJK SD Jadi bentuk kotak-kotak?? trus tidak dihitami lagi, malah di silang (X), Kan ga standar dengan Pembaca LJK yang sudah ada. Seperti OMR scanner pemeriksa lembar jawaban Komputer….. Aneh.. yah…

  3. minta tolong tampilan ljk nya dalam bentuk word, agar bisa di print out, karena ljk dalam bentuk jpg diatas, kalau di print tampilannya tidak jelas dan samar, terimakasih perhatiannya.

  4. Yang SD emang nggak jadi pake LJK yang seperti anak SMP dan SMA, tapi manual pakai tanda silang di kotak jawaban. Katanya sih karena anak SD dikhawatirkan belum begitu pandai untuk mengisi LJK dan lama dalam menghitamkan jawaban, sehingga akan mengurangi waktu untuk menjawab ujian…
    Kalau model gini, koreksi jawabannya manual atau pake komputer ya???
    Atau manual pakai lembar jawaban dibolongi sesuai pola jawaban🙂

  5. UASBN alias ujian nasional untuk SD tidak diperiksa manual. Jumlahnya LJK-nya mendekati 15 juta lembar se-Indonesia dan Puspendik Depdiknas telah menetapkan scanner gambar dan perangkat lunak Digital Mark Reader (DMR) di tiap kabupaten dan kota sebagai alat pemeriksanya.

    Perkenalkan, saya Arif Rahmat, orang DMR yang sering mendampingi Puspendik dalam pelatihan maupun pelaksanaan scanning UASBN di 400 lebih kota/kabupaten se-Indonesia.

    Tinggal tunggu tanggal mainnya, semua LJK tidak perlu diisi dengan bulatan lagi. Lebih mudah bukan?

  6. hellow…………

    mo tanya kalo itemin ljk gx boleh keloar buletan jawaban yagh ??? soal na saiia baru taon depanz ikut UNAS tuk taon 2009… moon jwaban na.. iaang pasti saiia smp klz 3…

    jelek maksudnya di sini apanya? apakah pensilnya atau cara membulatkan. kalo misalnya bulatannya tidak pas maka scan tidak dapat mendeteksi jawaban. maka gunakan pensil 2b dan ujung pensil jangan terlalu tajam. bayak latihan membulatkan jawaban

  7. kami salah satu pembuat software yang berfungsi untuk membaca dan menganalisa LJK, menawarkan produk kami dengan berbagai keunggulan. Info lebih jelas kunjungi blogs kami.

  8. saya sangat tertarik dengan contoh2 LJK di atas pak, jika tidak keberatan saya punya ide untuk mendesain ulang persis contoh file tersebut, yang nantinya bisa digunakan untuk elemen pendidikan mulai dari sd, smp, sma baik swasta maupun negeri.
    adapun formatnya saya sesuaikan dengan kebutuhan para guru yakni dalam bentuk msword, sedangkan aslinya saya buat menggunakan adobe indesign.

    salam..

  9. Benar !!! untuk hadapi unas perlu latihan isi ljk dan benar-benar dikoreksi pakai alat dan software analisa LJK. easysoft-technology.com menyediakan semuanya dari ljk sd hingga perguruan tinggi. Mesin murah sampai mahal ada, semuanya siap dipakai. Pastikan sebelum anda menghadapi unas sudah latihan mengisi LJK dan dikoreksi pakai software dan mesin koreksi LJK. Tks. Endarto ( programmer LJK )

  10. Sebenarnya koreksi LJK dengan scanning oleh alat scanner dengan teknologi yang ada sekarang sudah terbaca sangat baik. Masalah yang ada adalah pertama,program pembaca gambar/image hasil scanning yang kadang tidak dapat mengkonversi dengan sempurna pemcaannya. Perlu diketahui mekanisme yang umum scanning ini hanya membedakan warna putih= tembus pandang dan hitam=tidak tembus pandang. Jadi saat siswa baik menjawab dengan bentuk bulatan atau persegi, di hitamkan atau disilang sebenanrnya sama saja. Hubungi administasi pengelolanya LJKnya. Ini saya alami awal bulan Maret 09, saat mencoba mengolah sendiri LJK tryout. Situs Invir.com sepertinya memberi solosi murah untuk alat korektor ini.

  11. Pak…..saya mau ujian mohon dibantu ketika saya save as…..dan kemudian saya print tidak jelas….bisa bapak membantu saya…untuk latihan…..karena motorik tangan saya tidak bagus sehingga setiap pembulatan selalu tidak bagus, tks atas bantuannya

    sama sama. terus berlatih ya

  12. Pak…..saya mohon dibantu….anak saya sd akan uasbn tapi sekolah belum sama sekali menyediakan latihan lembar jawaban komputer….karena pada saat saya mencoba hsil dowload buram…..dan untuk sd ada isu akan drubah jadi kotak artinya menjadi silang….mohon dibantu, tks

    coba saya, cari yang baru. tapi gak janji pak

  13. apakah LJK dapat diisi dengan pensil selain 2B…
    misalnya pensil HB

    mohon balasannya ke Fs ne “roviko@yahoo.com”

  14. Anak saya baru selesai UNAS SMP baru sadar pensil yang dibawa waktu unas sebanyak 2 buah salah satunya ternyata HB apakah bisa terbaca LJK nya.mohon informasinya.Terimakasih

  15. selamat siang mas,

    mas saya mo tanya gimna penyingkatan nama apabila tidak cukup pengisiannya di lembar LJK, karena saya takut nanti tidak bs terbaca oleh scannya,,,,apabila di kartu peserta ujian tertulis dengan nama yang komplit

    terima kasih

  16. boss….. saya sudah download contoh LJK. Tp klo diprint kok pecah gambare pecah.. mesti edit dulu ke fotoshop kalee :d

  17. jika pada lembar jawab,,,di bagian identitas kebloboran bolpoin dikit bagaimana???dikit tapi,,ngaruh ga ya??

  18. Software ini dibuat oleh dosen fisika mipa ITS surabaya lebih teliti lebih cepat dan akurat, langusng menjadi laporan sisipan siswa sd,smp,sma,smk ataupun stm bisa juga untuk test TPA, tersedia sample atau contoh-contoh logo tinggal upload saja dan ketik kop nama sekolah dan alamat, langsung tercetak, tanpa memakai software lain seperti paintshop atau Corel Draw, file LJK dapat dicetak maupun disimpan dalam bentuk file untuk diperbanyak ke percetakan. salam, yono hadi pramono.

  19. Lembar Jawaban Komputer LJK softwarenya gratis didownload di http://visiyon.com praktis sampai rapot sisipan 600 lembar/jam, tanpa bantuan software coreldraw dan phaintshop yang lain praktis dalam menulis header LJK beserta input logo sekolahan.
    sesuai untuk sd smp sma dan smk maupun tryout harian dan bimbel. silakan produk dalam negeri sendiri dari Yono Hadi Pramono ITS Surabaya

  20. Gimana cih caranya melingkari LJK biar bisa ke baca komputer??
    Seandainya yang di suruh ngitemin cuman kode soalnya, tapi kita juga ngelingkari nomor paket soalnya gimana?????? Ke baca komputer enggak yaa…

  21. Pk fb mama

    Aku pngen bngt lulus UASBN sm UN..tmn2 PEC doain q yachhh..spya q lulus dan bs msk smp 4 tangerang okkkkk!!! Mksh PEC THX.

  22. saya mau tanya, apakah ada software untuk membuat LJK tanpa harus mengkopi gambar yang anda kirim itu, atau file LJK ?
    bila ada kasitahu donk………
    sebelumnya trimakasih atas bantuannya, kami tunggu yaaaaaa…………..

Tinggalkan Balasan

