seminggu pulang kampung tanah pinem

selama satu minggu di kampung, tanah kelahiran rasanya malas untuk balik lagi ke kota. udara segar dan dinginnya air pegunungan membuat hidup lebih hidup. pulang kampung memang selalu menjadi keinginan banyak orang hanya saja beberapa hal yang menghalangi seperti kerjaan, lokasi yang jauh atau tidak ada hari libur dsb. Acara adat dikampung kami masih kental, selama tiga hari kami merayakan upacara peresmian rumah baru yang kami bangun untuk Ayah dan ibu. pesta besar pun diadakan seluruh keluarga diundang dari berbagai daerah datang untuk merayakan pesta yang kami buat. ada beberapa kerabat yang hadir kepala Bank Sumut untuk kabupaten Dairi, kapolsek,  Walikota, dan camat setempat. kami juga mengundang penyanyi karo ( perkolong kolong untuk ikut memeriahkan acara). acara adat yang rumit, padahal hanya untuk memasukki rumah yang baru dari rumah lama. saya sendiri bingung dan merasa terlalu rumit untuk dilaksanakan tapi demi kebahagian orang tua semua dilakukan.

24 thoughts on “seminggu pulang kampung tanah pinem

  1. selamat ya atas rumah barunya. Btw, kampung tanah pinem boleh gak saya pinjem tuk dijadikan bahan cerpen?

  2. Wagh pulang kampung y? Di SuMut y? Ketemu ‘ma cowq g ? Hehehe, tapi bkn di tanah pinem dia…hmmm….

  3. Ya begitulah adat istiadat harus dijunjung .. walaupun terasa ribet dan ga praktis, tapi justru sebagai perekat antar generasi — dulu, sekarang dan yang akan datang — dan tanpa budaya, kita tidak seperti sebuah bangsa.

    Btw .. wah, pasti ortu-mu termasuk salah satu pejabat dong ya disana?? minimal bupati kali ya?? hehehe .. selamat deh menempati rumah baru. Boleh kan nginap .. kalo kesasar disana😉

  4. wah , ikut bang erander nginep di rumah bang satya , bisa ngga ya , he he he
    alhamdulillah kalo sudah selamat lagi sampai di tempat, yang penting itu kok
    masalah pertemuan dan perpisahan sudah ada yang mengaturnya

  5. wah pantesan gak digebukin.lha wong bayar
    haha
    enaknya kita bikin acara ketemuan para blogger wordpress dirumah pak satya gimana?
    nanti mandinya pada di kali, makannya sama lalapan dan sambel saja ato apapun yang tersedia di sekitar rumah pak satya, seru kali yaaaaaaaaaaa..

  6. Kalau sudah pulang kampung memang malas balik lagi ke kota yang hirukpikuk. Di kampung bisa makan enak, tidur nyaman, bernafas lega dan segar. Yang pasti karena deketan sama orangtua, dan dibikinin makanan spesial tiap hari…
    Duh,jadi kepengen mudik cepet-cepet nih…

  7. eh ada orang tanah pinem.
    hihihi… gue juga orang tanah pinem… tapi udah 4 tahun g pulang lagi, hikz… jadi rindu ama kebo and kolam pancing punya bapak!… duh.. jadi sedih….
    kapan bisa pulang ke tanah pinem lagi ya….

  8. mejuah juah! Ayah ku alm)jg berasal dr tanah pinem, namun sejak kecil ayah ku sdh merantau ke medan hingga aku & saudara2 tinggal di medan. Sewaktu ayah ku wafat, beliau jg minta dimakamkan di tanah kelahiran nya di tanah pinem yakni di Simbetek. Apabila aku pulang ke medan, aku pasti ke tanah pinem untuk ziarah ke makam almarhum ayah ku. Tp sayang nya utk menuju ke tanah pinem jalanan nya sangat memperihatinkan ditambah lagi dengan kendaraan umum yg terbatas. Ups…hampir lupa, rumah keluarga ku di tanah pinem persis di dekat los tanah pinem, klu dr jln di sebelah kanan los. Bang satya pasti tau lah…

  9. mejuah juah! Ayah ku (alm) jg berasal dr tanah pinem, namun sejak kecil ayah ku sdh merantau ke medan hingga aku & saudara2 tinggal di medan. Sewaktu ayah ku wafat, beliau jg minta dimakamkan di tanah kelahiran nya di tanah pinem yakni di Simbetek. Apabila aku pulang ke medan, aku pasti ke tanah pinem untuk ziarah ke makam almarhum ayah ku. Tp sayang nya utk menuju ke tanah pinem jalanan nya sangat memperihatinkan ditambah lagi dengan kendaraan umum yg terbatas. Ups…hampir lupa, rumah keluarga ku di tanah pinem persis di dekat los tanah pinem, klu dr jln di sebelah kanan los. Bang satya pasti tau lah…

    • ya pasti tau..aku kenal semua yang ada di daerah los tanah pinem…salam kenal. jalan ke tanah pinem memang rusak parah. terutama di kabupaten karo. untuk daerah dairi sudah di perbaiki walu sekarang sudah mulai lagi ada yng berlobang. semoga pemerintah setempat bisa cepat memprbaiki kembali

  10. selamat ya tia atas rumah baru yg sudah dapat diwujudkan sekarang ini thdp ortu kamu…. mudah2an dengan kepulangan kamu ada perubahan buat kampung kita . saya juga ingin pola pikir anak kampung kita bisa jadi lebih maju dan juga lebih berkembang baik dalam segala aspek terutama agama…ya kan… supaya jgn bnyk lagi begu ganjang…wkwk….. bravo.. t.pinem..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s