Tips Menghemat Pulsa Ponsel anda

Tarif handphone naik memang menyesakkan dada. Namun membuang handphone jelas tak mungkin dilakukan. Handphone telah menjadi salah satu perangkat pendukung terpenting aktivitas sehari-hari. Sungguh menyebalkan jika tarifnya terus menanjak. Mungkin beberapa hal berikut bisa dilakukan untuk mensiasati agar pulsa tak menggelembung.

1. Ganti ke Pasca Bayar. Bagi yang masih memakai pra bayar segeralah beralih. Tak perlu khawatir harus berganti nomor. Sekarang hampir semua operator memberi kemudahan migrasi. Cukup datang ke kantor pusat layanan operator. Tarifnya jauh lebih murah. Sekedar contoh, tarif percakapan kartu Matrix pada jam sibuk (08.00 -22.00 WIB) per menit ke PSTN Rp. 503, 75 ; ke nomor sesama Indosat Rp. 812,5 ; dan ke seluler operator lain Rp. 910. Sementara pada Mentari pada waktu yang sama per menitnya ke PSTN Rp. 816 ; ke nomor sesama Indosat Rp. 1500 ; dan ke seluler operator lain Rp. 1713.

Bahkan belum lama ini Telkomsel dan Indosat meluncurkan paket kartu pasca bayar yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Bila jeli memilih, Anda bisa menikmati tarif yang lebih ekonomis lagi. Ada tiga paket dari Telkomsel yaitu: free roaming, free 150 SMS, dan free Abonemen. Sementara Indosat mengeluarkan paket Matrix bebas roaming dan free abonemen.

2. Kurangi Menelepon Pada Jam Sibuk Bersyukurlah bagi pelanggan operator yang menerapkan tarif flat. Tak dibedakan argo pulsa antara siang atau malam. Pada kartu pra bayar hanya Simpati dan IM3 Smart yang tidak menggunakan tarif flat. Sedangkan untuk kartu pasca bayar, hampir semua operator membedakan tarif percakapan pada peak hour dan offpeak/ hari libur & raya. Rata-rata tarif percakapan pada jam sibuk per menitnya lebih mahal hingga 25 persen.

3. Gunakan SMS dan Layanan SMS Gratis. Paling mahal tarifnya cuma’ Rp. 350. Sedangkan SMS internasional Rp 500. Komunikasi juga tak kalah asyik dibanding menelepon. Jika tak harus menelepon lebih baik pakai layanan SMS. Apalagi kini tak terbatas hanya 160 karakter. Tentu Anda harus mengaktifkan fitur �long messages’ pada handphone Anda. Jika sedang selancar internet, manfaatkan layanan SMS gratisan. Anda bisa menggunakan layanan dari sms.ac, yahoo2SMS,atau mtnsms.com. Di paket kartu Halo Anda bisa SMS gratis sebanyak 150 kali. Lumayan kan?

4. Mulai Membiasakan Diri Dengan Layanan MMS. Ini lebih asyik lagi. Pesan bisa berupa gabungan suara, gambar, dan kata-kata sekaligus. Tak perlu khawatir dengan keterbatasan karakter. Sekali kirim bisa ribuan karakter. Dijamin uneg-uneg saat curhat’ bisa tertampung semua hanya dengan beberapa kali kirim MMS. Tarifnya paling mahal hanya Rp. 1250 per MMS. Bisa dihitung lagi dengan pasti. Bila menelepon pasti tidak akan terasa. Tahu-tahu pulsa jebol.

5. Mainkan Konten Handphone. Pas sendiri atau berada di tempat yang asing’, pasti Anda sering cari-cari kesibukan. Kirim SMS atau menelepon biasanya menjadi pilihan pertama. Kalau sudah begitu pulsa pasti kedodoran. Tentu Anda tak mau kan? Untuk menghilangkan rasa suntuk, sudah saatnya isi handphone dipakai semaksimal mungkin. Koleksi games dan ringtone bisa dimainkan. Agar tak membosankan rajin-rajinlah mengganti atau menambah koleksi itu. Biar tak ada lagi istilah bengong dan iseng menelepon teman setiap saat dimanapun Anda berada.

6. Manfaatkan layanan download gratis. Jangan terlalu banyak korbankan’ pulsa Anda untuk download games, ringtone, wallpaper. Kalau ada yang gratisan kenapa tidak. Memang sih Anda akan masih dibebani tarif akses data GPRS. Tetapi jangan terlalu khawatir sebab lumayan murah, rata-rata hanya Rp.25 per kilobite. Bahkan Mobile-8 cuma Rp. 5 per kilobite. Sedang harga konten gratis. Kunjungi saja situs semacam Tagtag.com. Koleksinya pun lumayan lengkap. Minimal bila tertarik pada konten yang disediakan content provider jangan buru-buru beli. Cari saja terlebih dulu di situs gratisan itu.

Sumber: telset magazine – plaza pulsa dan ketok

15 thoughts on “Tips Menghemat Pulsa Ponsel anda

  1. cdma buat ngenet yang bagus apa bang?
    saya pernah pake starOne unlimited pascabayar, cuma bayar Rp 100.000 pake net 0-300 an MB per bulan ,,,tapi sinyalnya jelek,,di daerah pegunungan blank…
    gak tau kalo sekarang….
    saya paling senang menunggu, soalnya itulah kesempatan saya ngegame, kalo ngegame saat jam kerja rasanya gak enak,,,hehe

  2. salam kenal bang,,,,mas,,….begini saya mau tanya nih,,,gimana caranya masang gambar/foto pribadi di wordpress kayak punya anda di samping kanan itu…?
    mohon dengan sangat ilmunya..,. soalnya saaya udah muter2 gak nemu2. klo bleh kirim ke emailku :
    suny_che@yahoo.co.id

    kenalan deh nihh….

    http://www.212baca.wordpress.com
    —————————————————————————————-
    langkah langkah

    1. klik desain
    2. klik widget ( pada bagian widget yang tersedia, tambahkan satu text)
    3. masih pada bagian desain ( pilih gambar tajuk tersuai).lalu anda browse gambar yang ingin anda tampilkan nantinya. lalu klik unggah
    4. lalu klik kelola – klik pustaka media
    5. pada kolom media klik nama file anda.
    6. paste kode yang ada dapat dari get url pada pustaka media, atau pada file yang anda ungguh sewaktu meletakkan gambar pada saat posting,di teks yang telah anda tambahkan sebelumnya
    pada bagian widget.

  3. Mungkin buat XL hal itu ga berlaku kali ya pak? soalnya dulu saya menggunakan Xplor — pascabayar-nya XL — ternyata pulsanya lebih mahal dari pada XL Bebas — prabayar-nya XL — dan ketika saya tanya kan kepada customer service, dia bilang karena saat ini prabayar sedang promo. Tapi promonya koq sudah setahun ga selesai2 .. akhirnya saya pindah dari pascabayar ke prabayar.

    Memang dari dulu saya merasa nyaman dengan pascabayar .. tiga nomor saya dari operator berbeda semua pascabayar yaitu kartuHALO, Matrix dan Xplor .. terakhir Xplor saya migrasi
    menjadi XL Bebas ..

    yang penting nyaman kan bang. kalo kita bahas soal nyaman biasanya tidak terlalu mempermasalahkan uangnya, walalu masih termasuk dalam salah satu faktor.

  4. Tambah satu pak Satya, untuk orang-orang yang sering kita hubungi (keluarga) sebaiknya menggunakan kartu dari satu operator yang sama.

    #Sunny 2008, semua tergantung pada theme yang Anda pakai. Kalau Anda mau Anda pasang plugin wordpress gravatar. Apa itu gravatar, tanya mbah google aja deh.

    #Yella, untuk kecepatan koneksi semua CDMA hampir sama karena sama-sama menggunakan koneksi dial-up. Untuk masalah harga, menurut saya starone saat ini yang paling murah (Rp 99.000/1G). Saat ini Starone di Batam tidak ada masalah dan lumayan cepat. Apalagi kalau ditambah dengan software accelerator seperti toonel dan Ad Muncher. Apa itu toonel dan Ad Muncher, kembali saya saranin tanya mbah google.

    Bilang makasih dulu pak Satya, karena saya jawabin pertanyaan yang ditujukan untuk Pak Satya. Hi…hi…hi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s