Berikan pancing bukan ikan

Tentu kita ingat dengan pepatah lama ini” berikan pancing nya bukan ikan “. untuk membantu seseorang bukan dengan memberikan ikannya. benar pepatah ini. belum tentu ikan yang kita berikan selalu di inginkan oleh orang yang kita bantu. dengan memiliki pancing maka orang dapat memancing ikan untuk di jadikan lauk, ya kalo mau ikan sungai ya mancing di sungai kalo mau ikan laut ya mancing di laut, intinya adalah sudah mempunyai alatnya. selanjutnya adalah usaha.

Tepat pepatah ini untuk mengambarkan negara kita saat ini, pemerintah bukannya memberikan pancing tapi memberikan ikan sehingga tidak terlalu tepat guna. kita dapat melihat dapaknya bahwa dana ini tidak tersalurkan dengan tepat. banyak warga yang mengeluh soal penyaluran dana yang bukan pada orang yang tepat, karena secara ekonomi di nilai layak tetap juga mendapatkan kupon BLT.

bantuan ini hanya akan membuat rakyat kita menjadi semakin malas. ya bisa bisa selalu berharap terhadap bantuan serupa tampa berusa mencari solusi sendiri. harga bisa saja dinaikkan itu sudah hal yang wajar dalam keadaan ekonomi negara kita tidak setabil. jika bekal yang dimiki rakyat telah diberikan maka tidak terlalu masalah, bagaimana rakyat diibaratkan diberi pancing yaitu dengan memajukan pendidikan, lapangan pekerjaan kepada semua lapisan masyarakat yang benar benar membutuhkan. anggaran negara hendaknya tidak di sia siakan dengan pembangunan yang tidak jelas dan sebagian besar menguap entah kemana di telan pada koruptor.

negara yang maju adalah negara yang maju dalam pendidikan. coba kita bayangkan negara Indonesia yang besar ini maju dalam pendidikan. siapa yang akan menjadi lawan kita? kekayaan alam mendukung, lokasi yang strategis. tapi ternyata sekarang tidak seperti yang kita harapkan semoga saja kita bisa berubah. dan saya yakin pasti bisa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s