Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah kegiatan seleksi calon mahasiswa untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri di tingkat Nasional dengan Pola ujian tulis dan ujian keterampilan khusus bagi Program Studi tertentu. Penyelenggaraan seleksi ini dilaksanakan oleh Panitia SNMPTN dan ditempatkan di kota-kota yang strategis dimana Perguruan Tinggi Negeri berada.

Ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri diselenggarakan secara serentak dan terpadu pada jam dan hari yang sama  dengan soal yang sama di seluruh PTN di Indonesia, sehingga peserta diharapkan dapat memilih lokasi yang terdekat dengan penyelenggaraan kegiatan seleksi tersebut.

Proses pengolahan hasil dilakukan secara terpadu di beberapa wilayah yang ditentukan, untuk itu, program studi pilihan pertama menjadi prioritas penerimaan di PTN yang dipilih, apabila pilihan pertama sudah penuh maka pilihan jatuh pada pilihan kedua, begitu juga untuk IPC yang dapat mengisi pilihan ketiga. Penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi ini terbatas pada daya tampung masing-masing Program Studi, sehingga apabila daya tampung nya sudah terisi penuh maka calon mahasiswa tidak dapat di terima.

Didalam mengisi formulir pendaftaran ataupun Lembar Jawaban Ujian (LJU) hendaknya calon mahasiswa membaca dengan teliti dan seksama semua petunjuk yang tertera dalam buku panduan peserta SNMPTN 2008 ataupun naskah soal. Setiap kesalahan yang terjadi karena tidak mengikuti petunjuk tersebut akan berakibat tidak terbacanya isian oleh komputer.

Buku Panduan Peserta SNMPTN 2008 ini merupakan satu-satunya panduan dalam pengisian formulir pendaftaran maupun Lembar Jawaban Ujian. Segala bentuk petunjuk lain menyangkut SNMPTN 2008 yang bertentangan dengan isi buku petunjuk ini dinyatakan tidak benar.

Selamat menempuh Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2008, semoga sukses.

Sekretaris Dirjen Dikti
Selaku Ketua Umum SNMPTN 2008

Prof.Ir.Suryo Hapsoro Tri Utomo,PhD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s