Peringkat Kelulusan UN Menurun

turunnya peringkat kelulusan Kota Batam harus menjadi perhatian kepala dinas pendidikan. Dibanding tahun kemaren jumlah siswa yang tidak lulus lebih banyak ada satu sekolah jurusan IPS semua muridnya tidak lulus. Bila tahun sebelumnya Kota Batam berada di nomor dua untuk wilayah se Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) atau dibawah Tanjungpinang, maka tahun ini Batam justu berada dirangking ke tiga di bawah Karimun. Melorotnya peringkat Batam disebabkan jumlah peserta UN cukup banyak ditambah lagi dengan rendahnya tingkat kelulusan didaerah swasta dan daerah hinterland. Pada SMAN 7 Batam hanya empat orang yang lulus sedangkan sisanya 19 orang dinyatakan tidak lulus. SMAN 6 Batam juga hanya tujuh orang yang lulus sedangkan lima orang lainnya dinyatakan tidak  lulus. bahkan ada sekolah plus internasional siswanya tidak lulus 59% seperti Sekolah Global Indo Asia (SGIA). faktor faktor menyebabkan turunnya jumlah siswa lulus UN dikarenakan :

  1. Sistem pendidikan yang selalu berubah, tidak pernah konsisten. setiap ganti mentri pendidikan maka sistem pendidikan pun diganti mulai dari CBSA – KTSP. dalam KTSP standard kurikulum ditetapkan oleh sekolah masing masing dalam hal ini kemampun guru dan pasilitas sekolah yang tidak sama. walau telah di tetapkan standar isi tidak cukup membantu.
  2. terlalu banyak materi yang diajarkan terlebih disekolah nasional plus matapelajaran ganda membuat anak murid jenuh sehingga mengurangi kwalitas daya tangkap.
  3. Guru yang kurang berkwalitas dan bukan pada bidang  keahlian masing masing.
  4. kurangnya persiapan dalam menghadapi ujian nasional dan membahas soal prediksi.
  5. banyak siswa yang hanya mengandalkan latiahn melalui lembaga bimbingan. dan seperti yang kita tahu bahwa banyak juga lembaga bimbimngan asal jadi dan tentor asal asalan.
Iklan

2 thoughts on “Peringkat Kelulusan UN Menurun

  1. @Rafki
    ya pak Rafki saya juga masih bingung dengan sistem pendidikan kita
    padahal dua tahun sebelumnya tiga mata pelajaran saja sulit lulus
    ini malah di tambah tiga lagi dan tandardnya di naikan dari 4,24 menjadi 5.15 ya apa gak tambah banyak yg gak lulus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s