Pertimbangan dalam Memilih Operating System Linux

Dewasa ini, sistem operasi Linux makin jamak digunakan oleh berbagai kalangan, termasuk juga pebisnis. Bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha misalnya, mengapa tidak mempertimbangkan memakai Linux sebagai sistem operasi komputer perusahaan?

Di samping menghemat biaya, fitur berikut aplikasi yang ada di Linux tidak kalah dengan sistem operasi lain yang beredar di pasaran. Khususnya bagi yang belum terlalu mengenal Linux, panduan berikut ini mungkin berguna saat akan memilih Linux, seperti kami kutip dari Detik dan PCWorld.

1. Mengapa Memilih Linux?

Setiap distro Linux tersedia gratis bagi yang menginginkannya. Anda bisa menginstalnya di sebanyak mungkin komputer secara cuma-cuma. Sebagai tambahannya, sistem operasi Linux sudah mengandung banyak aplikasi penting.

Bagi Anda yang memerlukan software pengolah kata atau penghitung, sudah tersedia OpenOffice.org yang cukup bagus. Untuk mengutak atik gambar, ada aplikasi Gimp yang relatif mumpuni.

Beberapa aplikasi Windows, jika diperlukan, juga bisa dijalankan di Linux dengan utility bernama Wine. Aplikasi server di Linux misalnya Apache Web Server dan MySQL untuk database bisa pula diandalkan para pebisnis. Juga ada software networking Samba yang tak kalah bagus dibanding aplikasi sejenis yang berbayar. Dan tentu saja perlu diingat bahwa serangan virus amat sedikit menerpa Linux.

2. Memilih Distro Linux

Ada berbagai distro Linux yang beredar. Perbedaannya misalnya terletak pada kemudahan pemakaiannya dan fitur apa saja yang ada di dalamnya. Kebanyakan distro linux yang ada sekarang cukup mudah pengoperasiannya, misalnya Ubuntu atau Fedora.

Bagi pengguna pemula, distro Linux berukuran kecil seperti PuppyLinux bisa menjadi pilihan. Pendek kata tersedia banyak pilihan bagi Anda yang ingin mengadopsi Linux, apapun spesifikasi komputer Anda.

3. Bagaimana dengan Support?

Dukungan support untuk Linux memang biasanya berbayar namun relatif tidak mahal. Dewasa ini, banyak komunitas Linux bertebaran di mana-mana dan makin banyak programmer melek Linux serta buku-buku panduan. Anda bisa sewaktu-waktu mengandalkan mereka jika terjadi masalah ataupun berkonsultasi untuk memilih aplikasi yang sesuai.

4. Estimasi Biaya

Meski software Linux gratis dan hanya supportnya yang berbayar, jelas akan ada biaya misalnya untuk pelatihan karyawan agar mengerti Linux dan mungkin terhambatnya proses kerja pada masa awal karena masih banyak yang belum familiar dengan Linux. Namun jika diperhitungkan detail, penghematan ongkos perusahaan akan lebih besar dibanding biaya yang dikeluarkan.

Iklan

17 thoughts on “Pertimbangan dalam Memilih Operating System Linux

  1. fitur linux lebih komplit rupanya dibanding windows, lebih enak operasinya, cuman yang belom biasa jadi sedikit aneh.
    Linux emang inux => inux=enak,,hehe
    sekarang warnet2 pun banyak yang sedia linux..

    komplit semua paket sudah ada dalam so linux. sekarang tigal mau piliah dan membiasakan diri saja kok

  2. 2,5 tahun lalu di Semarang ada sweeping microsoft di sebuah studio foto terkenal. Ternyata mereka pake yang bajakan. Wah malu banget tuh, akhirya disita , padahal kalo mau pake linux lebh aman dan irit…
    Rupanya ga maen2
    gosip yang kudengar 4 athun lalu, PC pribadi dan HP nantinya juga mau di sweeping. Mungkin udah dimulai dari bandara kali ye

    misi ah,,dah kebanyakan koment, nanti bosen lagi,,,

    hihi

    haus ya,,gak ada minumnya

    sekarang bukan gosip lagi. makanya dek hati hati menggunakan OS bajakan

  3. usual thing is possible and possible thing is force 🙂
    cobalah maka nanti akan merasakan hal yang berbeda 🙂

    sarannya singkat padat dan bermanfaat. saran ini adalah inti dari pembahasan yg panjang

  4. Horas lae Sembiring,
    hard disk lama saya rusak, saya sudah beli yang baru 160 gb, tapi blum ada duit beli windowsnya. Apa yang harus saya lakukan untuk menginstall Linux itu. Komp. saya pentium 4, memorynya 512.
    Terimakasih.

    Horas.
    jika ada lebih suka menggunakan windows daripada linux dapat menggunakan SO knopix. So yg dijalankan dari CDROM tampa mengintal. atau anda juga dapat mengisatal linux yang lebih user friendly seperti ubuntu. untuk menginsatal linxx harus lebih berhati hati dalam menentukan partisi dan jenis ex3.

  5. Thax atas infonya mas.. untuk sementara ini masi setia ama windows….. itupun trima berezzz hehe 😀

    jadi bukan hanya setia kepada pasangna ya. termasuk So juga bagus bagus tapi berpoli SO juga gak masalah

  6. Dear Pak Satya

    Saya mau mengganti OS Notebook saya dari Windows XP Proffessional Edition dengan Linux, tetapi saya bingung memilih Linux mana yang cocok untuk itu.

    Notebook saya biasanya saya gunakan untuk pekerjaan kantor (MS word dan MS Excel), untuk email (MS Outlook), browsing and chatting YM.

    Sesekali saya gunakan untuk menonton film dan mendengarkan musik, burn CD, DVD atau VCD.

    Spesfikasinya:

    Compaq Presario V300,
    AMD Turion X2 1.9 GHz
    Memory 1GB
    Hardisk 120 GB
    Video Card : NVidia on board
    Chipset : Nvidia 750 series

    Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.

    Best Regards,

  7. Dear Dosenku yang baik,
    Pa, saya pengen instal linux dikomputer saya, tapi saya khawatir partisi hardisk saya di format pada saat saya instal linux dan menghapus seluruh data. Apakah sistem operating linux juga bisa mengenal partisi hardisk yang di buat oleh windows xp ?

    dear juga deh.
    jawabnya : BISA
    linux akan menanyakan apakah kita memakai seluruh partisi atau menggunakan partisi yg kosong saja untuk di jadikan area instal, biasanya mengunakan exe3. tapi biar lebih aman gunakan partition magic aja. jadi kita bisa memilih area kosong untuk di jadikan exe3 sebagai lokasi linux.

  8. Brarti bukan cm gossip aja y, ternyata mang dah bnyk sweeping microsoft terutama di perusahaan2, pengalamanku sendiri, d kantorku dah ketakutan klo tiba2 ada sweeping, makanya windowsnya mo d ganti linux, dah sdikit familier sich, cm kr blm terbiasa jd agak mperlambat pekerjaan, ya terus belajar dech biar pintar kyk Pak Dosen kt ini, klo aq ada kesulitan blh ga tny2 lwt blog ini? Thank sblmny, Gbu..

    cepat beralih sebelum kena..hehehe. atau ya bayar yang original

  9. kadang saking banyaknya distro dan ‘perang aliran’ di forum/milis, malah bikin newbie spt saya bingung 😀
    akhirnya memang mesti nyicipin sendiri..

    pilih distro yang paling banyak di gunakan. jadi kalo ada kesulitan ada banyak tempat bertanya dan diskusi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s