Kenapa harga BBM bersubsidi belum juga turun?

Salah seorang mahasiswa saya yang berpofesi sebagai tukang ojek menanyakan pertanyaan ” Pak kenapa ya Harga BBM belum juga turun. padahal kan harga minyak per barelnya rata rata 65-70 dolar ” mendengar pertanyaan ini saya malah balik tanya. ia juga ya. kenapa belum turun?

setahu saya jika harga minyak di turukan ada beberapa dampak positif seperti:

  1. Mendorong perkonomian meningkatkan daya beli masyarakat.
  2. Meningkatkan kinerja sektor rill.
  3. laju inflasi bisa diredam.
  4. tukang ojek,supir angkot, sales, tukang jamu keliling yang mengunakan speda motor bisa sangat terbantu.  pendapatan mereka akan lebih meningkat.
Iklan

14 thoughts on “Kenapa harga BBM bersubsidi belum juga turun?

  1. @wempi
    kita udah untung kok mas. minyak tidak ada subsidi lagi kalo harga minyak perbarel seperti itu. jadi kita udah untung sampai 30T kan bisa turunkan harga minyak

    @kucing
    ya tuh capek mikirnya. heheh capek bayarnya

    @namada
    naik gak turun turun
    gini lah bangsa tercinta

  2. Sejak awal direncanakan bahwa harga BBM kita harus disamakan dengan harga ‘ke-ekonomian’ (harga pasar global). Itu supaya negeri kita makin mudah dikontrol lewat NYMEX di New York sana.
    Subsisdi itu sungguh hanya kebohongan semata. Sebenarnya untuk menghasilkan satu liter BBM, biaya yg dikeluarkan hanya sekitar 600 Rupiah saja. Jelasnya tanya aja pak Kwik Kian Gie 😛
    BBM jadi mahal karena kita mesti bayar 30% bagian KPS Asing dan sisanya buat bayar Cost Recovery. Jadi negeri kita dapat apa?? 1% aja mungkin?
    Sedih pak…
    Sedih…
    Saya mahasiswa hukum tapi paham ekonomi.. Kalau ngomong dibilang sok tau sama PJMK saya.. Ikz…
    Sedih…
    Seharusnya status saya mahasiswi FH, FE, dan FISIP dalam waktu bersamaan. Andai saja!!!
    Pak, ntar kalau bapak jadi PJMK, jangan pernah bilang “Mahasiswa sok tau” ya…
    Hiks…
    Ntar mahasiswanya jadi patah hati, sama kaya’ saya….

    (maaf ya pak, sekalian numpang curhat.. 😦 )

    kenyataannya memang seperti yang dek widiya paparkan. akhirnya kita yang harus menanggung. mau marah sama siapa kita ini

  3. Tunggu perkembangan perekonomian global membaik dulu, soalnya pemerintahan biasanya sulit menaikkan harga minyak. banyak yang protes..

    kalo pemerintah naik cepat ya turun juga harus. biar imbang gitu

  4. bulan depan katanya akan turun harganya. Mungkin!
    salam hangat selalu,bang

    semoga aja. jadi kan harga harga di pasaran jg bisa turun. semoga harga rupiah juga makin menguat. salam panas dingin selalu hahaha

  5. Lapor pak, BBM jenis premium harganya turun dari Rp.6000 jadi Rp.5500..
    Cuma 500 doang??
    Hmm…
    Daripada nggak turun ya… 😛

    yah gak apa. kan bisa bayar parkiran. hehehehehe dari pada ga turun

  6. Uhm… tapi nyatanya kan masih sulit buat diturunkan.

    Rata-rata.. kalo ada yang turun.. pedangan masih gak mau nurunin harganya 😀

    ya selalu aja begitu ya

  7. Kalo dibilang ongkos produksi per liter bensin cuma Rp. 600 (spt kata Kwik Kian Gie), kenapa di Malaysia, Thailand, Philippina dan negara Asia yang lain sekitar Rp. 10 ribu (ketika di Indonesia Rp. 6 ribu). (Yang bego apa negara-negara lain itu ??, atau ??).

    Kwik memang punya hitungan sendiri, tapi kok aneh ya dengan hitungan internasional lainnya.

    Faktanya, besar subsidi paling besar lari ke orang yang boros. BBM mensubsidi orang kaya yang punya mobil banyak. Dan mereka sangat boros BBM. Semua emisi BBMnya merusak lingkungan, karena mengeluarkan CO2 yang menyebabkan gas rumah kaca.

    Kata orang ekonomi, dimana-mana yang namanya subsidi itu tidak benar. Orang Singapura paling tidak percaya Subsidi, begitu juga orang Jepang. Sistem subsidi terbesar sekarang ini di negara Korea Utara. Cina aja secara bertahap udah menghilangkan subsidi.

    Kalo menurut saya, mending agak susah dulu, tak perlu subsidi secara umum seperti BBM. Untuk membantu masyarakat ekonomi lemah, buatlah program lain. (asal bukan semacam BLT).

    BLT hanya untuk mengalihkan keributan, orang sibuk mengurus BLT jadi gak ingat masalah harga kenaikan minyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s