Operator Dilarang Promosi Berikan SMS Gratis Kepada Pelanggan

Maraknya promosi SMS gratis antarjaringan (offnet) dinilai menyebabkan persaingan yang tidak sehat antaroperator telekomunikasi. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya penumpukan pelanggan dan trafik pada jaringan yang hanya dikuasai operator besar dengan jangkauan yang luas.

“Depkominfo sudah mengirimkan surat larangan soal SMS gratis ini. Saat ini sedang menunggu respon dengan para operator,” kata Dirjen Pos dan Telekomnunikasi Depkominfo Basuki Yusuf Iskandar usai Pemaparan Kinerja Depkominfo 2008, di Gedung Depkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (31/12). Basuki mengungkapkan, pengiriman SMS gratis hanya diizinkan di jaringan operator tersebut (onnet).

Menurut Basuki pengiriman SMS di jaringan onnet tidak akan merugikan operator lain. Lagipula ini dapat dianggap sebagai nilai tambah yang diberikan kepada pelanggannya.

Sedangkan pemberlakukan SMS gratis antarjaringan menyebabkan provider besar akan menarik pelanggan untuk beralih. Bagi perusahaan, hal ini tidak masalah karena akan semakin banyak yang menggunakan layanan dan terus menggunakan pulsa agar memenuhi syarat untuk bisa mendapat SMS gratis.

“Atas hal ini mulai awal tahun depan diharapkan para provider sudah memberikan respon atas surat yang kita kirimkan,” ujar Basuki. Pemberlakuan ini akan berlaku untuk semua operator tanpa kecuali.

Meskipun demikian, Basuki tidak menampik kemungkinan ada program pengiriman gratis antarjaringan. Namun, hal tersebut harus diatur bersama melalui kesepakatan di antara operator-operator telekomunikasi sebagai wujud persaingan sehat. (kompas

8 thoughts on “Operator Dilarang Promosi Berikan SMS Gratis Kepada Pelanggan

  1. ah mmg bikin pusing aja…
    cobanya, sms ke semua operator tanpa terbts y…*hallah, mn mungkin*..
    semua pasti udah dipikirin msing2 y sm pihak2 operator…hehe, ttp aj yg diuntungkan mmg konsumen kali ya…
    met tahun baru bang, semoga sukses selalušŸ™‚

  2. waduuhh… jadi ga bisa gratisan donk.. hehee…šŸ˜€
    maklum.. wong deso… biasa nyari gratisan….

    Salam kenal….šŸ˜‰

    bukan hanya wong deso mau gratisan pak. yang wong kota juga mau kok gratis. asal manis

  3. susah memang ngatur operator di indonesia…
    dulu ada informasi kalo bakal ada kenaikan tarif, tapi koq berlakunya cuman sebentar doang…ya untung sih…termasuk saya salah satu pelanggannya…:)

    btw selamat tahun baru 2009 lae..
    semoga di tahun kebo ini kta bertambah sukses dan semakin diberkati Tuhan..

    horas,

    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

    Tuhan pasti memberkati. tidak ada batas berkat Tuhan bagi kita. selamat tahun baru 2009 juga buat keluarga lae

  4. yang gratis memang menyenangkan …

    yang gratis tak kan bertahan lama …
    šŸ™‚

    yang gratis biasanya hanya untuk pancingan. operator juga gak mau untung dikit. hanya sebagai trik menggaet pelanggan baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s