Pikirkan sebelum memilih bekerja di batam…

Pelabuhan, bandara adalah pintu masuk sebuah pulau atau negara. satu daerah akan maju jika terdapat pelabuahan besar. Laut menghubungkan satu pulau dengan negara, bahkan benua dengan benua. Batam dengan wilayah yang sangat strategis dikelilingi oleh laut luas ada banyak pelabuhan internasional di batam seperti pelabuhan batam center, pelabuhan sekupang, pelabuhan batu ampar, pelabuhan Nongsa, dan banyak pelabuhan bongkar muat barang lainnya atau pelabuhan antar pulau terdekat dengan batam. Berbatasan dengan negara maju seperti singapore membuat daerah ini menjadi istimewa di mata invstor besar. Ada banyak perusahan asing di Batam. Banyak investor juga dari berbagai negara seperti Amerika, Jepang, Jerman, Korea, India, Italia, Malaysia, singapore dll. semua menanamkan modalnya di sini. Dengan alasan ini juga banyak para pendatang dari berbagai daerah untuk bekerja di batam. tahun 99 an memang mudah untuk mencari pekerjaan di batam, tapi tidak sekarang. Walalu banyak perusahan asing di batam tidak menjanjikan bagi anda yang tidak mempunyai skill atau pengalaman untuk dapat diterima bekerja. tidak usah datang kebatam untuk bekerja jika anda tidak mempunyai skill atau Ijazah ( dalam arti jika anda ingin bekerja di dunia industri)percuma. Namun jika tujuan untuk datang kebatam karena ingin berkunjung tidak menjadi masalah. Namun tidak semudah itu untuk dapat masuk kebatam ada beberapa syarat khusus yang harus anda penuhi. jika tidak ingin dipulangkan.

  • Harus memiliki KTP kepri
  • jika tidak memiliki anda harus ada yang menjamin( orang yang menjamin harus memiliki KTP Batam atau kepri )
  • atau uang membayar uang jaminan.

tidak mudah memang sekarang untuk mengadu nasip dibatam. Peraturan ini dikeluarkan untuk mengantisipasi jumlah pendatang yang belebihan karena terbatasnya daya tampung perusahan atau lapangan pekerjaan. karena banyaknya pendatang yang tidak memiliki ijazah keahlian satu Ijahzah SMA,Diploma atau sarjana sehingga tahun demi tahun pengangguran semakin meningkat dikota ini. Padahal syarat untuk melamar pekerjaan adalah mencantumkan ijazah minimal SMA. coba anda banyangkan jika setiap tahun ada sebayak 4000 lebih orang datang tiap tahun, dan tidak semua memiliki bekal untuk bekerja contohnya seperti Ijazah tadi. Bukankah ini akan menjadi masalah pemerintah setempat. Kita tahu jika jumlah pengangguran semakin besar dalam satu daerah maka semakin tinggi pula tingkat kejahatannya. Jika kejahatan semakin meningkat akan memperburuk citra daerah atau negera.Ini akan membuat minat investor untuk malas berinvestasi. jika invesotor tidak berminat maka lapangan pekerjaan terbatas, akhirnya mempermasalahkan pemerintah karena tidak mampu mengatasi jumlah pengangguran.

yang dapat dikembangkan didaerah masing masing. mari kita bertindak bukan karena ikut ikutan. tapi jika anda siap dan memiliki keahlian yang cukup mari datang ke batam. kita lihat sehebat apa anda dapat bertarung dengan pendatang lain dari berbagai daerah serluruh indonesia bahkan dari berbagai negara yang lebih maju dari indonesia. siapkah anda?

6 thoughts on “Pikirkan sebelum memilih bekerja di batam…

  1. Orang batam asli yah atau dah lama tinggal dibatam?? sepertinya tahu banyak tentang batamūüôā
    ada satu lagi yang harus dipersiapkan sebelum kebatam yaitu harus kuat dengan udara yang panas dan cuaca yang tidak menentu…ūüėÄ

  2. Hhhmmm..Iyah juga sich Mas…
    Tentu saja prioritas utamanya sebenarnya bagi warga Batam itu sendiri dan daerah2 di sekitarnya..

    nah tentu saja ketika sudah memutuskan tinggal di suatu daerah harus punya keahlian yang mumpuni bukan…

  3. Hhhmmm..Iyah juga sich Mas…
    Tentu saja prioritas utamanya sebenarnya bagi warga Batam itu sendiri dan daerah2 di sekitarnya..

    nah tentu saja ketika sudah memutuskan tinggal di suatu daerah harus punya keahlian yang mumpuni bukan…

    Agak susah masuknya…

  4. apakah kita di wajibkan untuk membayar ijin tinggal mas kalau kita kerja di batam ? contoh saya ini mau kerja di hotel, saya tdk pny saudara n ktp batam mas, apakah benar kabar itu mas ?

    • tidak ada wajib membayar ijin tinggal di sana. sekarang pengurusan KTP dapat dilakukan dengan mudah asal ada surat hantar dari daerah. untuk tinggal tidak mesti ada saudara, teman dekat juga bisa membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s