St petrus
St petrus

Gereja St.Petrus yang terletak di kecamatan lubuk baja. berada diatas bukit. Membuat gereja ini kelihatan megah dan mewah. Gereja sato petrus adalah gereja pertama di batam. Sebagai Pusat gereja katolik dibatam, lokasi sekitar gereja juga didirikan rumah sakit Elisabet, susteran dan paroki. Gereja ini selalu penuh dikunjungi umat pada hari hari perayaan ibadah. Bahkan sampai keluar gedung. Sehingga disisi kiri kanan juga diletakan kursi tambahan dan TV. jadwal ibadah hari sabtu jam 19.00, hari minggu pagi jam 08.00 dan dilanjutkan misa kedua jam 10.00 dan sore jam 17.00. Di samping gereja ini juga terdapat gereja megah HKBP. bangunan yang hampir sama besar bergaya arsitek eropa.

lrg-17-masjid_raya_batam

Masjid Raya Batam Center

Ini adalah mesjid yang berada dipusat pemerintahan kota. Mesjid ini dibangun dengan arsitektur gabungan timur tengah dan jawa pada tahun 1999. bentuk menyerupai limas. Bagian atap yang dibelah menjadi tiga bagian dan di hiasi dengan permainan lampu. membuat masjid ini telihat membara dan hidup dimalam hari. Makna belahan dari setiap atap adalah simbol perjalanan umat manusia pada tiga alam yang berbeda (alam rahim, dunia, dan akhirat) . Pada waktu shalat jumat masjid dipenuhi dengan umat dari lokasi sekitar, seperti Pemko, DPRD, Imigrasi, Asrama Haji dan Otorita Batam dan, pusat perbelanjaan. Sehingga selalu ramai. Tersedia tempat parkir yang sangat memadai untuk menampung kendaraan pengunjung membuat bukan hanya dari lokasi sekitar untuk shalat di sini tapi dari tempat lainnya juga.

pura_amerta3

Pura Agung Amerta Bhuana

Pura ini terletak di jl.Gadjah Mada disekitar Danau sei Ladi. Lokasi yang berada diatas bukit menambah indahnya pemandangan sekitar pura. Dibangun pada tahun 1999 dengan konsep hindu klasik gabungan dengan modern monumental. Di Pura ini terdapat bangunan Padmasana yang megah setinggi kurang lebih 15 meter yang merupakan Padmasana terbesar dan tertinggi di Indonesia. Umat Hindu dibatam terbilang tidak lah banyak sekitar 300-500 kk yang tersebar diseluruh batam. Biasanya rombongan turis juga sering dibawa ke pura ini. Bahan bangunan dan ukiran khusus didatangkan dari bali. sehingga kesan bali sangat hidup dipura ini.

vihara

Vihara Duta Maitreya

Vihara terbesar di Asia tenggara. Berdiri megah di lokasi perbatasan antara sei panas dan batam center. Vihara ini ramai dikunjungi asal wisata manca negara dari malaysia, singapore dan India. dibangun pada tahun 1990 dan rampung pada tahun 1999. Pada bagian belakang terdapat restoran Vegetarian food. Banyak pengunjung non budha juga sering berkunjung untuk makan makanan vegetarian. Biasanya setiap tahun ada festival vegetarian food. Pada masa festival para turis mancanegara dan dari indonesia datang kebatam untuk mengikuti festival.


sumber gambar:

http://www.dutamaitreya.or.id/
http://www.hindubatam.com/pembangunan4.html
http://www.panoramio.com
kemoning.info/blogs/?cat=25