Bisakah batam seperti bali

Bisakah batam seperti bali? jawabnya bisa.  Bisakah batam menjadi bali? jawabnya tidak bisa. Kita harus melihat potensi dari setiap daerah dan mengembangkannya. Meniru tidak akan pernah membuat nilai lebih tinggi dari aslinya.  Kenapa bali begitu ternama dengan keindahan alam dan budayanya. Sebenarnya itu sangat simple dan mudah, mari kita lihat satu persatu dari segi apa saja bali dapat menjadi tekenal keseluruh dunia.  Sehingga batam dapat balajar dari nilai nilai ini.

Agama dan Kebudayaan:

Penduduk bali atau masyarakat bali adalah masyarakat yang taat akan agama. Hormat kepada leluhur,  sehingga mereka begitu mengkramatkan tempat tempat tertentu. Dengan upacara upacara keagaman dan adat yang unik mereka selalu konsiten dan tidak pernah mengubahnya walau jaman semakin modern. Orang bali mendirikan pura yang megah dan eksotik hanya untuk kebutuhan rohani mereka. Membungkus pohon beringin dengan selendang bali(kain bercorak kotak hitam putih), membersihkan daerah sekitar pohon, memberikan sesajen dibawahnya.  Keaslian yang dipertahankan ini menarik perhatian oleh orang asing. Beritanya tersebar karena orang asing suka dengan budaya yang kental dan unik. Mereka datang dan menyaksikan. Orang dari berbagai pejuru dunia datang ke bali hanya untuk melihat orang bali melakukan upacara agama, bagaimana orang bali menari, berdoa, bagaimana orang bali membangun pura, bagaimana orang bali menabur bunga di pantai kuta, dll.  Sehingga ini mendatangkan penghasilan kepada penduduk setempat karena membuka usaha penginapan, tempat makan dll.  Apakah orang bali pernah berpikir untuk mengubah pulau tempat mereka tinggal menjadi pulau terindah di dunia. Jawabnya tidak.  Lalu apa yang mereka pikirakan. Yang mereka pikirkan adalah bagaimana menjalankan budaya dan menjaga alam karena itu perintah agama. hasilnya kita bisa lihat bali sekarang.

Aktifitas dan Sumber Penghasilan:

Awalnya bahkan sampai sekarang masyarakat bali adalah petani dan nelayan. Namun bagaimana bisa bali menjadi pulau yang super indah? jawabnya juga sama bukan karena mereka ingin bali menjadi Pulau yang akan dikunjungi oleh orang dari berbagai penjuru dunia walaupun sekekarang meraka sudah sadar akan hal itu. pola pikir yang sederhana dan simple yang membuat bali menjadi indah. Kegiatan penduduk bali dalam bertani juga tidak lepas dari kepercayaan. Bagi masyarakat bali dalam melakukan segala tindakan adalah pantangan jika merusak alam sama artinya menentang Dewa. Setiap awal musim Memulai menanam padi mereka malakukan upacara ucapan sukur, tarian kebahagian. begitu juga dengan saat mereka panen raya. Sama halnya padawaktu mereka melaut. Menjaga laut adalah keharusan. Jiwa senin mereka dalam mengukir kayu tiada duanya. Awalnya juga mereka tidak pernah terpikir untuk expor import. Dasarnya adalah agama dan budaya .

Pulau bali sebenarnya tidak lebih indah dari ribuan pulau lainnya yang ada di indonesia tercinta ini. Intinya apa yang membuat bali menjadi terkenal dan indah adalah karena budaya, agama, dan kepercayan mereka kepada lelulur. Tahukah anda bahwa pantangan bagi orang bali menjual tanah mereka kepada orang asing.  Itu juga membuat kenapa orang bali tidak pernah terpinggir walau sudah banyak investor asing di bali.  Lihat bali sekarang. Mereka mengerjakan itu semua untuk Agama untuk budaya, untuk kesenangan bukan untuk uang. dan mereka mendapat bonus dari semua itu.

Jika batam juga ingin seperti bali, Ini yang harus diperhatikan

Yang membuat batam bisa menjadi seperti bali bukanlah pemerintah, tetapi penduduknya. Hal utama yang harus ditanamkan adalah sadarnya masyarakat yang tinggal dibatam akan kebersihan.  Kebersihan harus dijaga bukan karena paksaan atau karena adanya UU tapi karena kesadaran yang berdasar kepada iman dan agama.  seperti pepatah mengatakan” kebersihan adalah sebagian dari iman” . Siapa yang tidak menyukai kebersihan dan keindahan?. Tidak ada. Tapi tidak semua orang sadar akan kebersihan dan keindahan.

Penduduk batam atau masyarakat asli batam harus lah memiliki satu budaya yang unik dan tetap dipertahankan keasliannya. Jangan mudah terpengaruh oleh modrenisasi. Mempertahankan budaya sebagai nilai dan penghormatan terhadap agama dan leluhur yang telah mempercayakan kepada penerusnya untuk terus memelihara. Acara kebudayaan diadakan bukan karena hanya ada pesta atau sambutan pejabat. Tetapi karena kebiasaan agama atau budaya.

Masyarakat batam harus memiliki nilai nilai agama yang tinggi. Menjunjung nilai agama dalam menjalankan aktifitas sehari hari. saling menghormati. Mempertahankan Peninggalan bersejarah dan merawatnya. Sehingga ini menjadi objek wisata yang mempunyai nilai seni yang tinggi.  Begitu banyak pantai yang dapat digarap dibatam ini untuk dijadikan ojek wisata. Tidak lah perlu penduduk setempat hanya menunggu pemerintah.  Jika tidak ada kesadaran, walau pemerintah membatu itu akan sangat percuma karena tidak akan dirawat. Yang dibutuhkan adalah rasa kesadaran akan kebersihan ,kesadaran akan mempertahankan budaya, mepertahankan nilai seni. jika ada kunjungan turis, jika ada pendatang asing hanya sebagian dari bonus. Maka dengan keunikan tersendiri akan membuat nilai batam tersendiri pula. sehingga tidak terkesan ikut ikutan. Karena setiap daerah mempunyai budaya, adat istiadat terseindiri. Makanya kita sebut negara kita ini sebagai Bineka Tunggal Ika. Jika kita sadar akan hal ini.  Maka setiap daerah di negara kita ini akan bersinar dengan kilauannya sendiri. 

Batam telah didukung oleh lokasi yang strategis, batam dikeliling oleh laut dan memiliki bibir pantai yang memiliki potensi besar untuk dijadikan pantai wisata. saya sangat menekankan hal ini-  jika batam ingin menjadi seperti bali yang pertama harus di usahakan adalah menyadarkan masyarakatnya pentingnya kebersihan, pentingnya budaya, dan yang terutama Agama. Saya jamin pasti bisa.

Iklan

One thought on “Bisakah batam seperti bali

  1. mas, tinggal di batam yah??? gile bener, saking cintanya ma batam, tulisan nya tentang batam semua… 🙂

    ya saya tingal di batam.. saya cinta indonesia. karena tinggal di batam sekarang sekalian promosikan saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s