Trotoar di batam masih minim

Melihat batam bari blog. Pasti tidak akan kelihatan kalo jalan-jalan dibatam ini 90% tidak memiliki trotor. jadi jangan lihat yang baiknya saja. Tentu kita tidak ingin membicarakan semua baiknya saja, eh tau tau orang datang kebatam malah lebih banyak melihat yang buruknya kan cilaka.  Hal ini akan membuat orang malas datang untuk kedua kalinya. Jadi sebelum orang kecewa saya kasih tahu duluan saja. Trotoar atau area pejalan kaki mungkin hal yang spele bagi yang tidak pernah jalan di pinggir jalan, tapi tidak bagi saya dan orang yang sering berjalan. Keindahan kota juga dipengaruhi oleh jalan raya. Satu kota jika jalan-jalan besarnya tidak memiliki trotoar atau jalur bagi pejalan kaki tentu tidak lah baik bahkan terkesan  tidak memperhatikan keselamatan pejalan kaki.  Ada banyak jalan besar di pusat pusat kota dibatam minim bahkan tidak memiliki trotoar. Kawasan pusat bisnis dan paling banyak  penduduknya juga belum memiliki trotoar seperti yang diharapkan. Jalan jalan besar seperti dikawasan jodoh, Nagoya, penuin seharunya sudah memiliki jalur pejalan kaki.  Sebagain badan jalan digunakan oleh pejalan kaki sebagai area untuk berjalan tentu ini sangat membahayakan dan resiko terserempet kendaran yang sedang lalu lalang akan semakin besar.  Memang ada beberapa jalan besar sudah dibangun trotoar tapi digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab sebagai tempat berjualan.  Diharapkan kesadaran bagai para penjual yang menggunakan trotoar. Pemerintah juga diharapkan dapat menindak tegas orang yang tidak mengindahkan peraturan.

Seperti tulisan saya sebelumnya tentang belajar dari bali. Para turis berjalan dari satu toko,kafe ke toko atau kafe lain mereka merasa nyaman karena ada trotoar jalan. Kita mempromosikan batam dengan semua keindahanya tapi apakah sudah menyiapkan fasilitasnya?.  bagaimana mungkin para pendatang akan merasa nyaman jika keselamataan mereka menjadi taruhan sewaktu berbagai jalan dengan kendaraan. Jumlah kendaraan semakin meningkat, jumlah penduduk juga terus bertambah. Jika tidak dibenahi dari sekarang maka semakin lama pembangunannya akan semakin sulit dan membutuhkan biaya lebih besar lagi.

Batam ini adalah kota baru yang terus berkembang, sebaiknya pengaturan jalan atau perumahan dapat ditetapkan sebelum semuanya menjadi amburadul. Pembanguan juga harus meprioritaskan jalur-jalur yang penting dan vital.  Setidaknya pada lingkungan pusat pemerintahan. diharapkan  seluruh trotoar di batam center dapat dibersihkan dari para pedagan pingir jalan yang menggunakan badan jalan dan totoar sebagai tempat berjualan.  Jalan raya dari simpang jam sampai ke pasar penuin belum ada trotoar, sehingga seperti biasa saya lihat para pejalan kaki berjalan dipinggir jalan yang berdebu. Kita berharap pemerintah dapat membangun trotoar secara bertahap sehingga satu saat jalan jalan dibatam dilengkapi dengan trotar yang nyaman dan disampingnya ditanam pohon yang akan memberikan kesejukan bagi pejalan kaki.

One thought on “Trotoar di batam masih minim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s