Budidaya ikan kerapu

imagesikanPulau batam juga cocok untuk budidaya ikan kerapu. Lokasi saat ini yang dipusatkan untuk budidaya adalah daerah jembatan II dan IV. Sekitar perairan jembatan  telah terdapat beberapa lokasi pengusaha ikan kerapu. Bagi yang berminat investasi bidang budidaya ikan kerapu adalah satu kesempatan yang besar sekali. jika dilihat dari kebutuhan akan ikan kerapu dari luar negri khusunya Singapore, Jepang dan hongkong, cina. Harga jual ikan kerapu saat ini juga terbilang cukup tinggi. Dengan fenomena kerisis global sekarang ini dimana sektor industri mengalami penurunan. Maka ada sisi lain yang dapat dikembangkan.  Jika kita melirik sektor rill.  seperti budidaya ikan ini akan memperbesar peluang lapangan pekerjaan. Saya rasa dengan bentuk batam sebagai kepulauan adalah baik untuk budidaya ikan, selain hasil laut yang melimpah juga.

Melihat harga ikan kerapu yang tinggi kira kira 100.000 – 150.000 / kg  adalah harga yang sangat mengiurkan. Pembenihan ikan kerapu juga sangat menarik. ada beberapa alasan yaitu:

  1. Ada lebih dari 180 petani ikan kerapu di batam dan kebutuhan benih ikan belum terpenuhi sehingga harus di pesan dari jawa dan bali.
  2. Kebutuhan bibit kerapu mencapai 10 ton lebih per tahun sementara yang hanya mampu di suplai sebatas 7 ton per tahun.
  3. Harga bibit akan semakin murah karena tidak perlu memesan dari luar daerah.
  4. permintaan ikan kerapu dari pasa mancanegara belum terpenuhi.

Kelebihan ikan kerapu Mempunyai daging yang lembut dan lezat. tetapi tergolong sulit untuk mengembang biakkannya karena ikan ini mudah stress dan ngambek. Beberapa jenis ikan kerapu seperti  kerapu macan, kerapu tikus, kerapu lumpur, dan kerapu sunu. tetapi ikan kerapu yang paling mahal dan tinggi nilai jualnya adalah ikan kerapu tikus. Harga jual sampai Rp700.000/kg. Pasar ekspor ikan kerapu mencari 70%, bahkan lebih besar dari pasa local. Saat ini eksport terbesar ke hongkong dan jepang. Orang hongkong berpikir bahwa daging ikan kerapu yang kemerahan dapat mendatangkan rejeki jika dimakan. sedangkan di jepang. Orang yang makan ikan kerapu adalah orang yang terhormat.

33 thoughts on “Budidaya ikan kerapu

  1. wiw, lama banget g ke sini…..
    halo bang, apa kabar….. >_<
    mmm..klo Orang hongkong berpikir bahwa daging ikan kerapu yang kemerahan dapat mendatangkan rejeki jika dimakan. sedangkan di jepang. Orang yang makan ikan kerapu adalah orang yang terhormat, nagh klo org indo gmn bang?

  2. @bluethunderheart
    mau apa neh dek. mau investasi atau mau makan ikan kerapu?

    @suwung
    kalo masalah ini belum terlalu jelas. nanti saya cari info lebih lengkap lagi ya mas

    @sarah
    kalo orang indo yang bertani aja. yangmakan orang luar.
    udah biasa

  3. pak, boleh tahu di batam ada yang jual bibit kerapu jenis tukula (epinephelus tukula)? mohon bapak berkenan kirim informasinya di email saya. terima kasih banyak.

  4. saya pernah bisnis ikan tapi gak pernah raih keuntungan, di kota sorong banyak sekali pengusaha ikan , mereka pernah bekerja sama dengan saya untuk mencari ikan kerapuh. setelah saya kirim dalam jumlah 15kg/hari dan bisa melonjak tinggi disaat musim ikan. mengapa dari para pemesan selalu saja ada komplen, yang tidak masuk diakal.
    dalam hati saya berkata.
    uang saya pun tak kembali. jadi kalau ada yang benar benar serius, saya bisa kirim ikan kerapuh dalam jumlah 20kg/hari.

  5. Salam kenal sebelumnya!
    Saya adalah seorang pembudidaya ikan kerapu tikus di wilayah Teluk Ekas Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Saya memulai usaha budidaya selama tiga tahun yang lalu sampai sekarang. Saya mempunyai keramba jaring apung sebanyak lebih kurang 50 lobang dengan masing-masing lobang berukuran 4 x 4 m dengan keramba terbuat dari kayu kalimantan.
    Dalam membudiaya ini, saya butuh investor yang tertarik di bidang ikan kerapu ini karena saya ingin memenuhi lubang-lubang keramba saya yang masih kosong. saat ini saya hanya menebar bibit kerapu tikus sebanya 1500 ekor saja. kalau ada investor yang berminat investasi bibit sebanyak 5000 ekor saya sangat menyambut baik. cara mainnya; investor cukup menanggung bibit 5000 ekor dan pakan sampai panen, sementara biaya karyawan dan operasionalnya saya tanggung. proses hasilnya nanti dengan cara Bagi Hasil yaitu 50:50. artinya setelah dikurangi dengan biaya bibit dan pakan baru untungnya dibagi dua yaitu antara investor 50% dan saya (sebagai pengelola) 50%. lokasi dan keberadaan keramba dapat di survey dan dapat dilakukan dengan MoU (perjanjian tertulis).
    Kalau ada yang berminat hubungi saya
    SUBHAN TAKDIR
    hp. 081918311991

    Terima kasih

    • kalau mau eksplorasi hasil laut berupa ikan, saya bisa membantu anda untuk mendapatkan ikan di wailayah kepulauan masalembu. hub: 081235007579

  6. kalau ada yang berminat utk beli benih ikan kerapu macan, tikus atau bebek, dan benih bandeng, kakap putih dan yang paling trend saat ini adalah kerapu hybrid atau cantang, hasil kawin antara kerapu macan dan kerapu kertang, silahkan sms ke 085710233333 dengan yogi

  7. saya nanda di lokseumawe aceh…mau konsultasi untuk harga ikan kerpau kodok bulan mei 2011 pasarannya tau gak, soalnya saya mau panen ikan saya sudah lumayan / ekor kira2 sudah ada 1/2 kg.. kira kira ada yang mau nampung gak ya…

    salam

  8. Saya penyedia ikan kerapu ekspor. Saya mencari importir yang mau membeli ikan kerapu saya (bisa saya sediakan ratusan kg sd ton).
    Saya domisili di Maluku Utara.
    Hubungi saya di 085240543725 (yuris)

  9. salam kenal, saya pembenih kerapu cantang, stok ada dari ukuran 3 cm s/d 8 cm, mau buat jarungan pasar, ada yg berminat hub saya Hp. 08123640198 (I Made Gede Soken), denpasar, tq.

  10. Harga jual sampai Rp700.000/kg?

    Apa ada yang tahu nomor kontek pembeli kerapu dengan harga 700.000/kg?
    Mohon bantuannya

  11. salam kenal, saya made soken punya stok benih kerapu cantang 4 cm – 8 cm, bagi yang berminat hub. 08123640198, dan kalau bisa kita buat jaringan usaha dari produsen sampai pasar, tq

  12. [DI CARI] Kerapu SUNU ukuran super dari 1 Kg kebawah sampai 1/2 Kg keatas, ambil per 2 TON hub : 0856 333 00 71

  13. saya punya pembesarn ikan kerapu cantang ada solusinya mau jaul dengan sekala besar hub saya agus muharno 081332612591 atau 08155277007

  14. saya punya karamba apung di Toli-toli untuk ikan dasar terutama jenis-jenis kerapu, saya mau cari partner usaha dengan sistim bagi hasil 50:50 kalau minat hub sya.
    Benny 081286972244-08234744100

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s