Hati-Hati Skenario Baru Pasca Penangkapan Nazaruddin

Tertangkapnya mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M. Nazaruddin membuat panas dingin sejumlah pihak yang namanya sempat disebut. Diprediksi pihak-pihak tersebut pasti tidak akan tinggal diam.

“Suka atau tidak suka, kerusakan yang dia buat lewat tudingannya selama dalam pelarian sangat luar biasa bagi Partai Demokrat dan beberapa elitnya. Sehingga mau tidak mau, pasti ada pihak yang menginginkan Nazar memperbaiki atau paling tidak memperkecil kerusakan itu,” ujar Anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo dalam pesan singkatnya, Selasa(9/8/2011).

Bambang sendiri khawatir, kalau tidak diawasi publik, nyanyian Nazaruddin yang semula merdu bagi pegiat antikorupsi menjadi sumbang untuk menyelamatkan pihak-pihak yang pernah dituding Nazaruddin. Bukan tidak mungkin, lanjut Bambang ada skenario baru, Nazaruddin dijanjikan keringanan hukuman dengan seolah-olah dianggap peniup terompet dan mendapat perlindungan dari lembaga perlindungan saksi.

Namun diarahkan kesaksiannya pada figur tertentu saja yang memang akan dikorbankan untuk menyelamatkan kepentingan yang lebih besar bagi pihak-pihak yang selama ini dituding Nazar.

“Kalau hal itu terjadi, maka harapan publik dengan tertangkapnya Nazar akan mampu membuka kotak pandora kejahatan korupsi yang merupakan puncak gunung es akan pupus. Akan anti klimaks seperti kasus Susno Duadji,” jelasnya.

Untuk menghidari hal itu, Bambang menyarankan KPK dengan pengawasan dari publik langsung mengamankan Nazar menjadi tahanan KPK. Pada saat bersamaan kiranya Komisi Etik KPK pada kesempatan pertama masuk memeriksa Nazar.

“Agar informasi yang diperoleh benar-benar memiliki kualitas hukum yang memadai sebelum sempat ada pihak-pihak yang mencoba mengkondisikannya,” ujarnya.

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s