Jangan Bungkam Nazaruddin!

 DPR RI mendesak Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban untuk memberikan perlindungan penuh kepada buronan KPK, M Nazaruddin yang telah tertangkap di Kolombia. Penangkapan ini juga menjadi saat yang tepat bagi KPK, yang ikut dituding Nazaruddin, untuk memulihkan kredibilitasnya.

“Nazaruddin perlu mendapatkan perlindungan saksi, dikawal ketat dan harus dapat perlindungan menyeluruh,” ujar Wakil Ketua DPR RI, Pramono Anung saat dijumpai di Gedung DPR, Selasa (9/8). Nyawa dan keamanan Nazaruddin harus dilindungi karena dapat menjadi pembongkar utama praktik mafia anggaran di DPR maupun korupsi di berbagai instansi pemerintahan.

Menurut Pram, pengakuan Deputi Penindakan KPK, Ade Raharja bahwa dua petinggi KPK lainnya, Chandra Hamzah dan Johan Budi yang pernah bertemu Nazaruddin telah membuat citra KPK tercoreng. “Saya tidak sepenuhnya percaya yang dia katakan, tapi ini sudah menjadi domain publik dan menjadi tugas KPK untuk menyelidiki kebenarannya.”

Mengenai kemungkinan terbongkarkan keterlibatan banyak politisi lintas partai, termasuk PDIP, Pram mendukung upaya pembongkaran korupsi melalui pengakuan Nazaruddin. Untuk itu, tugas berat berada dipundak KPK untuk memastikan bahwa Nazaruddin mau memberikan keterangan yang dapat menyeret pelaku mafia anggaran hingga ke akarnya.

Nazaruddin berhasil ditangkap oleh Interpol di Cartagena, Kolombia, hari Minggu lalu. Anggota dewan yang masih terdaftar di Komisi VII DPR RI ini ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka kasus suap Sesmenpora dan pembangunan Wisma Atlet SEA Games Palembang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s