Olahraga 15 Menit Tambah Usia 3 Tahun

Sebagian besar orang menganggap olahraga selama waktu anjuran standar selama 30 menit sehari, lima hari dalam seminggu baru dapat meningkatkan kebugaran dan memberi manfaat bagi kesehatan. Namun, temuan ilmuwan Taiwan menyebut, hanya berolahraga sedang selama 15 menit tiap hari, dapat menambah umur tiga tahun.

Pemimpin peneliti Chi Pang Wen dari Lembaga Penelitian Kesehatan Nasional Taiwan mengatakan, menyempatkan berolahraga selama 15 menit sehari seperti jalan cepat memberi dampak menguntungkan.

“Ini berguna bagi siapa saja, pria, wanita, perokok muda maupun tua, orang sehat dan tidak sehat, dokter dan pasien,” ungkap Wen seperti dikutip kantor berita Associated Press.

Temuan mereka di jurnal medis The Lancet, melibatkan lebih dari 416.000 peserta selama 13 tahun. Tim menganalisis aktivitas fisik dan catatan kesehatan setiap tahun.

Setelah memperhitungkan perbedaan usia, berat badan, jenis kelamin dan berbagai indikator kesehatan yang berhubungan, ilmuwan menemukan bahwa olahraga moderat 15 menit sehari meningkatkan harapan hidup dengan tiga tahun dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif.

Olahraga rutin harian, katanya, juga berkaitan dengan risiko kanker yang lebih rendah, dan mengurangi kematian akibat kanker pada satu dari 10 orang. “Cepat atau lambat, Anda akan mati. Tapi kelompok yang aktif memiliki kematian lebih rendah akibat kanker,” kata Wen.

Hasil ilmuwan Taiwan ini konsisten dengan penelitian serupa di masa lalu yang dilakukan pada ras Kaukasia. “Tidak ada studi lain yang menyebut secara spesifik lama olahraga yang cukup. Temuan ini adalah yang pertama mengatakan bahwa 15 menit olahraga cukup,” katanya.

“Kami berharap, hal ini akan membuat olahraga menjadi lebih menarik bagi orang yang tidak aktif. Dan, mengalokasikan waktu selama 15 menit tak terlalu sulit,” ujarnya.

• VIVAnews

2 thoughts on “Olahraga 15 Menit Tambah Usia 3 Tahun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s