Mengapa Anda Harus Pertimbangkan Audit TI?

Apakah perusahaan saya perlu audit TI? pemilik perusahan harus mencari rekomendasi praktis untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja perusahan mereka. Dalam hal ini dibutuhkan Teknologi informasi untuk mendukung efisiensi kerja. Hapir semua perusahan telah menggunakan komputer walalu belum bisa digolongkan kepada memiliki strategi IT. Sebagian perusahan besar telah menerapkan sistem IT tetapi belum tentu memili strategi yang tepat. Audit IT perlu dilakukan dilingkungan perusahan, apakah ITsudah memberikan kontribusi dan keuntungan kepada perusahan secara nyata. Dengan Audit maka akan didapati rincian yang mana harus diperbaiki serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan internal dan exsternal IT secara system dan praktek.

kapan sebaiknya pemilik perusahan/usaha melakukan audit TI? Ketika anggaran TI tidak sejalan dengan kondisi ekonomi saat ini- meskipun inisiatif strategis tepat waktu dan ketika memenuhi syarat untuk mengembangkan system TI tetapi mesti dipertimbangkan juga sumber Daya manusia yang bekerja didalamnya. Anggap lah SDM dan IT telah sejalan dengan baik apakah ini merupakan satu tanda bawah perusahan dapat bekembang?- belum tentu. kebanyakan IT manager tidak mengetahui perkembangan bisnis. sehingga kebutuhan bisnis dan TI tidak sejalan bahkan IT terkadang belebihan dan tidak tepat guna. Biasanya hal ini tidak akan ketahun sampai profit perusahan itu tidak cukup baik setelah penggunaan system IT yang baru. Bahkan TI akan menjadi beban. Anggaran yang besar tentu akan menjadi beban tambahan bagi perusahan. seorang Manager TI mesti paham betul kebutuhan bisnis sehingga bisa membuat sejalan dan menghasilkan nilai yang diharapkan.

Bagaimana pemilik bisnis mengetahui kapan anggaran TI mereka tidak sejalan dengan kondisi ekonomi?
Sayangnya, tidak ada rumus.Untuk mengetahui ini dibutuhkan analisis yang dalam oleh eksekutif kunci menyesuaikan stategis dan rencana taktis serta mencocokannya apakah sejalan atau tidak. Pertama yang harus dilakukan adalah melihat seluruhnya pengeluaran untuk kebutuhan TI. dan melihat proses binsis mana saja yang melibatkan IT. membandingkannya dengan pendapatan sebelum menggunakan IT didalamnya. perlu juga diperhatikan kondisi ekonomi misalnya inflasi dan nilah mata uang dalam peritambangan peningkatan profit. Tetapi tanda yang paling mudah adalah apabila penjualan atau profit perusahan tidak bekembang bahkan hampir mati.  Jika hal ini terjadi maka saatnya kebijakan baru TI harus dikeluarkan oleh pemilik perusahan.

Kebijakan apa yang harus diambil?

pertama para eksekutif harus menyusun strategi untuk IT tidak hanya menggunakannya. misalanya mengurangi biaya operasional sehari hari yang berhubungan dengan pekerjaan manual dan dimplementasikan secara komputerisasi. memberhentikan belanja IT selama itu tidak mendesak.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s